Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melakukan percepatan pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 12--17 tahun.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi di Banjarmasin, Rabu, vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 12--17 tahun di daerah ini dijadwalkan dari 26 Juli hingga 30 Agustus 2021.

Untuk kelancaran program vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 12--17 tahun ini, katanya, pihaknya pun melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan kota.

"Sudah kita sampai melalui surat resmi ke Disdik Banjarmasin untuk program vaksinasi bagi anak atau siswa ini," ujar Machli Riyadi.

Menurut dia, surat tersebut untuk menindaklanjuti surat edaran dari Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI nomor HK.02.02/1/1727/2021 tanggal 30 Juni 2021.

Di mana dalam surat edaran tersebut berbunyi, kata Machli Riyadi, tentang vaksinasi tahap ke-3 bagi masyarakat rentan dan masyarakat umum lainnya serta pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 12--17 tahun.

"Harapannya dengan surat ini, dinas pendidikan kota menginstruksikan kepada seluruh kepala sekolah agar dapat memfasilitasi program vaksinasi COVID-19 ini di sekolah," tuturnya.

Tentu sebelumnya itu, kata Machli Riyadi, pihak sekolah dapat menginformasikan kepada orang tua siswa untuk mendukung program ini, yakni, bersedia anaknya disuntik vaksin.

"Dengan bukti menandatangani surat pernyataan bersedia itu," ujarnya.

Menurut dia, vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 12--17 tahun ini penting dilaksanakan untuk kelanjutan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM), sehingga mereka memiliki daya tahan tubuh berkelompok untuk melawan bahaya virus.

"Kita pastikan, vaksin untuk anak ini aman, ini demi membentuk ketahanan tubuh mereka agar kuat terhadap serangam virus," ujarnya.

Menurut Machli Riyadi, target sasaran vaksinasi COVID-19 bagi remaja di kota ini sebanyak 64.313 orang. Baru terealisasi sebanyak 376 sasaran untuk suntik pertama atau 0,58 persen.

"Karenanya kita lakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi remaja ini yang dijadwalkan pada 26 Juli hingga 30 Agustus 2021," pungkasnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021