Kontingen Pekan Olahraga Pelajar  Daerah (POPDa) Tanah Laut  Kalimantan Selatan 2021 kembali meraih juara umum kedua pada POPDa  tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) digelar sejak 12 sampai 16 Juli 2021, di Kota Banjarmasin.

"Kemenangan itu tidak terlepas dari upaya  dan dukungan Bupati Tanah Laut HM Sukamta maupun Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Tanah Laut  untuk para atlet, salah satunya melalui program Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD),"ujar Kepala Bidang Olahraga Dispora Tanah Laut  Gusti M Tajudin Noor, ditemui di ruang kerjanya, Senin (19/7).

"PPLPD itu mewajibkan latihan minimal empat hari pertemuan dalam satu minggu dan setiap minggu ada laporan, bagaimana pencapaiannya," terang Tajudin Noor.

Dia menjelaskan, pada program itu diikutkan  enam cabang olahraga (cabor) yang menjadi unggulan bagi Tanah Laut. 

"Program yang baru dimulai sejak dua bulan lalu itu telah memberikan hasil pada POPDa Kalsel tahun ganjil 2021 untuk pertandingan olahraga perorangan. 

Keenam cabor itu, sebut dia,  atletik, karate, taekwondo, kempo, renang dan judo.

"Alhamdulillah sesuai target, atletik targetnya tiga emas dapatnya empat emas, melebihi target, rata-rata lebih satu emas dari targetnya," tegasTajudin.

Jika dibandingkan dengan pencapaian dua tahun sebelumnya POPDa Kalsel tahun ganjil 2019 untuk olahraga perorangan, Tanah Laut pernah meraih peringkat juara umum keempat. 

Sedangkan tahun ganjil 2021 kali ini, papar dia,  berhasil naik ke peringkat kedua dengan hasil akhir diketahui untuk Tanah Laut mendapatkan 34 medali emas, 25 perak dan 17 perunggu dari 11 cabor yang diikuti. 

Atas keberhasilan ini, Tajudin Noor berharap, nantinya para atlet dapat meneruskan keberhasilannya meskipun sudah tidak menjadi pelajar lagi.

"Polanya kami pembibitan, harapannya mereka nanti bisa bergabung di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Pekan Olahraga Nasional (PON), harapannya mereka bisa lanjut,"tandas Tajudin.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021