Bupati Hulu Sungai Selatan(HSS) H. Achmad Fikry, menyampaikan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA dan PPAS) Tahun Anggaran (TA) 2022, di gedung DPRD HSS.

Ia mengatakan,  mengupayakan peningkatan koordinasi dengan pemerintah pusat dalam meningkatkan dana perimbangan dan bantuan keuangan dari provinsi, salah satunya dengan memacu prestasi daerah tingkatkan reward berupa dana insentif dalam rangka membantu pembangunan di daerah.

"Kita akan melakukan optimalisasi sinergi dengan program pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus dan transfer lain, serta optimalisasi pemanfaatan dan pengelolaan aset daerah dan pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan,"  katanya, Senin (12/7).

Dijelaskan dia, tahapan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di HSS 2022 adalah tahun keempat RPJMD 2018-2023, sesuai RKPD TA 2022, tema pembangunan "Memantapkan Pemulihan Ekonomi dan Sosial yang Berkontribusi Terhadap Pemerataan Pendapatan Masyarakat Dengan Memperhatikan Lingkungan".

Prioritas pembangunan daerah Kabupaten HSS, yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan inklusif, meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan infrastruktur ekonomi sosial yang berkualitas, meningkatkan tata kelola pemerintahan dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana.

Target pembangunan Kabupaten HSS pada anggaran 2022 diperlukan sumber penerimaan daerah untuk membiayainya, total proyeksi penerimaan daerah Rp. 1.365.745.776.732. Besaran pembiayaan tersebut terdiri dari target pendapatan daerah Rp.1.194.997.395.000 dan target penerimaan pembiayaan daerah Rp. 170.748.381.732.

Target ini dihitung dengan memperhatikan trend penerimaan daerah tiga tahun sebelumnya. Namun, jika dibandingkan dengan APBD murni 2021, pendapatan daerah Kabupaten HSS anggaran 2022 diproyeksikan meningkat sebesar 30,37% dan belanja transfer diproyeksikan menurun sebesar 1, 44%, sedangkan pos lainnya pendapatan yang sah diproyeksikan meningkat naik 15,16%.

"Dalam rangka pencapaian target kinerja pendapatan daerah, maka dilakukan beberapa strategi di bidang pendapatan daerah, diantaranya optimalisasi pajak dan retribusi daerah serta penerimaan lain-lain melalui intensifikasi dan ekstensifikasi secara selektif dan tidak berpotensi menghambat akselerasi perkembangan aktivitas ekonomi masyarakat," katanya.

Pihaknya juga akan melakukan optimalisasi kinerja penerimaan dari masing-masing dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) penghasilan PAD,  dan evaluasi pengelolaan pendapatan daerah yang berkesinambungan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati HSS menyerahkan rancangan KUA-PPAS APBD Kabupaten Hulu Sungai Selatan TA 2022 secara simbolis kepada Wakil Ketua I DPRD Rodi Maulidi.

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD didampingi Wakil Ketua II DPRD HSS H. M. Kusasi, dihadiri Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, para asisten, staf ahli, para kepala SKPD di lingkup Pemkab HSS dan anggota DPRD Kabupaten HSS.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021