Bupati Banjar Saidi Mansyur meluncurkan program Martapura Maju, Mandiri dan Agamis (Manis) yang merupakan perwujudan visi dan misi selama memimpin Kabupaten Banjar lima tahun ke depan.

Peluncuran dilakukan bupati, Senin di Mahligai Sultan Adam Martapura dan disampaikan bahwa Martapura Manis adalah proyek strategis pembangunan terkait strategi pemulihan ekonomi dan perkotaan di kabupaten itu.

"Martapura Manis merupakan proyek strategis pembangunan yang menjadi strategi pemulihan ekonomi melalui kebijakan pengembangan perkotaan Martapura sebagai pusat perkumpulan di Kalimantan Selatan," ujar Saidi.

Ia mengatakan, kebersamaan sangat diperlukan guna mewujudkan proyek yang disiapkan seperti pembangunan fisik dan kawasan kumuh Murung Kenanga menjadi permukiman layak huni dan menjadi percontohan.

"Kami berharap seluruh pemangku kepentingan mendukung Martapura Manis sehingga pembangunan dalam rangka pemulihan ekonomi terstruktur dan terukur terwujud," ucap bupati didampingi Wabup Said Idrus.

Saat peluncuran itu, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banjar Galuh Tantri Narindra memaparkan materi terkait Pembangunan Martapura Manis didepan bupati dan wabup, sekda serta pejabat pemkab setempat.

Kegiatan ditandai penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Kepala Bappeda Litbang serta komitmen bersama pemulihan ekonomi diikuti sekda dan Pimpinan SKPD.

Setelah itu dilanjutkan rakor mingguan dipimpin Sekda M Hilman dihadiri  Bupati Banjar Saidi Mansyur, Wakil Bupati Said Idrus Al Habsyie, Kepala SKPD Banjar dan Direktur Perusahaan Daerah di kabupaten itu.

Rapat koordinasi diantaranya adalah membahas terkait PPKM darurat yang dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur dan tidak menutup kemungkinan diberlakukan di Kabupaten Banjar.

Selain itu, juga dibahas pelaksanaan shalat Idul Adha yang tetap digelar di tempat-tempat ibadah tetapi wajib menerapkan protokol kesehatan yang harus ditaati jamaah sehingga bisa terhindar dari COVID-19.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021