Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Industri Jamu PT Sido Muncul diharapkan membangun pabrik di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan agar bisa membuka lapangan kerja di Kotabaru.  


Hal itu disampaikan Bupati Kotabaru Irhami Ridjani kepada General Manager PT Sido Muncul Dian Risdianto saat berkunjung ke industri jamu terbesar di Indonesia PT Sido Muncul di Semarang Selasa.

"Dengan industri jamu mulai dari hulu hingga hilir nanti bisa membuka lapangan kerja baru sehingga kesejahateraan msyarakat juga akan meningkat," terangnya.

General Manager PT Sido Muncul Dian Risdianto, mengemukakan, untuk mendukung operasional perusahaan dalam membuat produk, pihaknya sudah bekerja sama dengan salah satu perusahaan lokal untuk memenuhi kebutuhan bahan baku, khususnya tanaman jahe.

Ia menyambut baik harapan Bupati Kotabaru, namun pihaknya juga akan mempertimbangkan pembangunan pabrik di luar Pulau Jawa, khususnya di Kotabaru.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kotabaru Hj Alfisah mengatakan, Legislatif mendukung usaha pemerintah daerah setempat menggaet perusahaan jamu tradisional terbesar di Indonesia, PT Sido Muncul untuk berinvestasi di Bumi Saijaan, Kotabaru.

Pemerintah daerah melalui dinas koperasi dan UKM Kotabaru telah menjalin kerja sama dengan perusahaan jamu modern tersebut dengan penyediaan jahe merah sebagai bahan baku jamu.

"Kami mengharapkan hubungan ini berlanjut dan lebih ditingkatkan lagi baik kuantitas dan kualitasnya," kata Alfisah di sela-sela kunjungannya ke pabrik PT Sido Muncul di Semarang, Jawa Tengah, bersama bupati dan segenap kepala dinas terkait atas undangan perusahaan.

Sehubungan dengan kunjungannya atas undangan PT Sido Muncul ini, target pemerintah daerah dapat mengundang perusahaan tersebut untuk berinvestasi di Kotabaru.

Bukan hanya memperluas lahan penanaman rempah sebagai bahan baku jamu, tapi lebih dari itu jika memungkinkan dapat membangun pabrik jamu di Kabupaten Kotabaru.

Pemerintah daerah lanjut dia, baik eksekutif maupun legislatif sangat siap mendukung wacana tersebut, baik dalam penyediaan lahan maupun pelibatan koperasi-koperasi yang ada di Kotabaru.

Lebih lanjut politisi Partai Nasdem ini mengungkapkan, dipilihnya Kotabaru sebagai mitra kerja oleh PT Sidomuncul sangat beralasan, selain memiliki potensi lahan pertanian yang subur dan luas, juga posisi daerahnya strategis.

Sehingga lanjut Alfisah, sangat tepat jika PT Sido Muncul membangun pabrik di daerah ini, yang posisisnya tepat di central nusantara akan sangat mudah mendistribusikan hasil produksinya ke wilayah Indonesia Timur.***3***





(T.I022/B/A029/A029) 05-05-2015 20:45:47

Pewarta: Oleh Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015