Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Barito menyiapkan kebun bibit rakyat sebanyak 373 kelompok yang diserahkan kepada masyarakat di provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

"Kebun bibit rakyat yang disiapkan sebanyak 373 kelompok dan pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat yang menyiapkan lahan untuk ditanami," ujar Kepala BP DAS Barito Sigit Pujo Setyono di Banjarbaru, Kamis (9/6).

Ia mengatakan, setiap kelompok kebun bibit rakyat terdiri atas 50 ribu batang bibit pohon dengan luasan lahan yang ditargetkan bisa ditanami bibit mencapai 100 hektare.

"Jika dikalkulasikan jumlah bibit yang ditanam mencapai belasan juta dan luasan tanam yang ditanami 37 ribu hektare lebih," ujar Sigit didampingi Kabid Evaluasi Ramliadhi.

Menurut dia, jenis bibit pohon yang disiapkan berupa pohon pelindung maupun pohon produktif yang bisa ditanam di lahan yang telah disiapkan masyarakat sebagai pemilik sekaligus pemelihara bibit pohon.

Tujuan kebun bibit rakyat yang sifatnya bantuan langsung kepada masyarakat adalah pemberdayaan warga  karena mereka yang menyiapkan lahan dan menanaminya dengan bibit bantuan tersebut.

"Selain memberdayakan masyarakat yang ingin menanam bibit pohon, kebun bibit rakyat juga bertujuan mendukung program pemerintah memperbanyak penanaman pohon untuk menyelamatkan lingkungan," katanya.

Ia menjelaskan, kebun bibit rakyat dibagikan gratis kepada kelompok masyarakat yang ingin menanam pohon dengan terlebih dahulu menyampaikan permohonan bantuan bibit ke dinas terkait lingkup kabupaten maupun kota.

Usulan disampaikan dalam bentuk proposal yang isinya data pemohon dilengkapi nama kelompok, rencana lokasi untuk penyemaian dan tata cara penanaman yang akan dilakukan kelompok tersebut.

"Setiap proposal diverifikasi untuk memastikan kesiapan kelompok masyarakat penerima bantuan sehingga bibit yang diserahkan benar-benar ditanam di lokasi yang disiapkan," ujarnya.

Menurut dia,  usulan masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan bibit itu cukup besar, terbukti banyaknya permohonan masuk yang jumlahnya mencapai 700 lebih."Namun setelah diseleksi hanya 373 kelompok yang disetujui sesuai jumlah unit kebun bibit rakyat yang disiapkan karena dinilai memenuhi syarat terutama lokasi yang tersedia," katanya./zal*c

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011