Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Peringatan Mayday atau Hari Buruh Internasional dan Hardiknas 2015  menjadi momentum Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk menyalurkan beasiswa.

Beasiswa BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis diberikan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin Ramadan Sayo kepada Dealova Nuri Maharani (SD), Novendra Fajru Passa (SMP) dan Noor Fitriani (SMA). Total Beasiswa yang disalurkan tahun ini sebanyak 285 juta rupiah.

Penyerahan Beasiswa ini bentuk komitment meningkatkan kesejahteraan pekerja, peserta BPJS Ketenagakerjaan," tutur Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin Ramadan Sayo di arena Jalan Santai Mayday 2015, Minggu (3/5).

Jalan santai Mayday 2015 digelar Disnaker Kalsel, Minggu (3/5) tersebut dilepas Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin. Diikuti sedikitnya 3000 pekerja, masyarakat umum maupun perwakilan dari serikat buruh.

“May Day 2015 kali ini, menjadi momentum meningkatkan kesejahteraan buruh khususnya yang berada di Kalimantan Selatan," kata Rudy Ariffin.

Di arena jalan santai Mayday 2015, BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi program dan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan.

Seperti penyempurnaan program Jaminan Kecelakaan Kerja menjadi Jaminan Kecelakaan Kerja Return To Work (JKK-RTW). Program yang berjalan sejak awal 2014 tersebut merupakan bentuk pelayanan kepada pekerja yang mengalami cacat akibat kecelakaan kerja.

Melalui program JKK-RTW BPJS Ketenagakerjaan memberikan pelayanan berupa pendampingan, hingga pembekalan mental dan keterampilan bekerja bagi pekerja yang mengalami disabelitas akibat kecelakaan kerja, sehingga bisa bekerja kembali/tidak di phk.

“Arena jalan santai Mayday kami gunakan untuk memberikan informasi kemudahan akses peserta BPJS Ketenagakerjaan," kata Ramadan Sayo.

Akses informasi yang bisa dimanfaatkan adalah mengetahui saldo, hingga persyaratan klaim melalui e-service: E-Saldo, BPJSTK Mobile dan SMS Saldo.

Selain manfaat dari Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun,

BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin juga menyerahkan manfaat tambahan dengan memberikan beasiswa secara simbolis kepada perwakilan anak dari tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015