Sejumlah pegiat olahraga dan budaya mulai membentuk Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan susunan kepengurusan Ketua dipercayakan kepada H Nasruddin SY yang merupakan anggota DPRD setempat.

"KORMI ini baru di HST dan menjadi kabupaten terakhir yang membentuk. Sebelumnya menjadi Satu-satunya di Kalsel yang belum ada kepengurusan," kata Nasruddin usai rapat pembentukan pengurus di Aula Kantor Disporapar.

Pembentukan KORMI ini, kata Nasruddin melalui serangkaian agenda. Pertama dari kunjungan pihaknya ke Provinsi Kalsel, Kormi Banjarmasin. "Lalu kami mendapat mandat untuk membentuk juga di HST," terang Nasruddin. 

Wakil Ketua KORMI HST yang baru ditunjuk yaitu Muhammad Rifa'i menambahkan, tujuan dibentuknya KORMI adalah agar berpartisipasi memajukan olahraga di HST. Khususnya di bidang olahraga kesehatan dan kebugaran masyarakat serta olahraga tradisional dan kreasi budaya. 

Selain itu, KORMI juga akan turut melestarikan olahraga khas masyarakat untuk lebih dikenal di tingkat nasional. "Semoga nanti kita bisa menyelenggarakan even-even olahraga masyarakat terutama olahraga tradisional yang merupakan warisan budaya," tutup Rifai yang juga merupakan anggota DPRD HST itu.

Sementara itu, Kepala Disporapar HST, Wahyudi Rahmad mengapresiasi terbentuknya kepengurusan KORMI di HST. Namun yang perlu dicatat katanya, KORMI adalah organisasi mandiri atau independen. Artinya bukan rembukan atau di bawah Dispora. "Kami hanya memfasilitasi agar kegiatan seperti ini bisa terlaksana," tukasnya. 

Wahyudi berharap, KORMI bisa menjadi jembatan untuk memperkenalkan olahraga tradisional di Indonesia pada umumnya, khususnya olahraga asli tradisional daerah sendiri. "Semoga menghidupakan kembali warisan budaya dalam olahraga. Sekaligus bisa menghibur masyarakat dan mengajak masyarakat tetap hidup bugar dan sehat," tutup Wahyudi.

Baca juga: HST unggulkan Cabor Atletik, Taekwondo dan Gulat pada POPDA 2021
Baca juga: Video detik-detik penangkapan para budak sabu di tengah sawah Desa Guha, HST
Baca juga: Jhon Lee Cs HST 'mengamuk' di tambang pasir dan sawah, budak sabu beserta puluhan paket narkoba disita

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021