Martapura, (Antaranews Kalsel) -  Kabupaten Banjar menjadi tuan rumah puncak peringatan HUT Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia dan Persatuan Guru Republik Indonsia (IGTKI/PGRI) Kalimantan Selatan yang dipusatkan di Taman Cahaya Bumi Selamat Martapura, Minggu (3/5).


”Kami berterima kasih sekali atas kepercayaan sebagai tuan rumah Peringatan HUT IGTKI kali ini. Dengan usia yang tua ini diharapkan IGTKI akan lebih berakar dan lebih kukuh,” kata Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh mengawali sambutannya.

Tampak hadir Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Resnawan, Bupati Banjar, Sultan H Khairul Saleh, Ketua DPRD Kabupaten Banjar, H Rusli, Bunda PAUD Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Jannah, Praktisi PAUD Nasional, Sinung Widodo.

Serta Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, H Nasrunsyah, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Banjar, Budiarti, Ketua IGTKI PGRI Provinsi Kalimantan Selatan, Lisnawati, dan unsur kepala SKPD se-Kabupaten Banjar serta unsur Forpimda Kalimantan Selatan.

Bupati Banjar menuturkan, perlunya kesadaran bahwa pendidikan anak usia dini adalah hal yang sangat penting dan menjadi hak setiap anak Indonesia dimana pun dia berada. Bila anak belum mengenyam pendidikan formal, maka wajib baginya belajar dalam kelompok PAUD.

“Mudah-mudahan melalui organisasi IGTKI ini para Guru meningkatkan kompetensi profesionalisme guru dan mampu menjadi motivator sehingga lahir anak-anak pintar kreatif dan selalu percaya diri serta harus mempunyai Sikap Terpuji (Akhlakul Karimah)“, harap Bupati Banjar.

Ia pun menekankan masih harus ditingkatkannya pemenuhan sarana maupun sumber daya manusia (SDM) guru TK maupun guru PAUD berkualitas  atau berkompeten. Bupati Banjar pun meyakini dengan ketulusan dan panggilan jiwa seorang pendidik dengan sendirinya para guru akan terus meningkatkan kompetensi yang mereka miliki.

Untuk itu, Bupati Banjar mendorong para guru TK maupun PAUD untuk terus meningkatkan potensi dirinya demi kemajuan dan mencerdaskan generasi penerus.

“Menggali potensi itu bisa dilakukan melalui tukar informasi dan saling berbagi ilmu antar sesama guru dengan rasa saling asah, saling asih, dan saling asuh,” ungkapnya.

Ribuan guru TK/PAUD se-Kalimantan Selatan berbaur di dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 IGTKI tahun 2015 dengan Tema Mengembangkan Terus Organisasi Profesi yang Kuat, Sehat dan Bermartabat bersatu dalam Visi Memajukan Pendidikan Anak Usia Dini.

Rangkaian HUT diisi berbagai kegiatan yang diawali dengan jalan santai yang diikuti lebih dari enam ribu peserta pada beberapa waktu lalu, penyambutan kontingen dari 13 kabupaten/kota dan dilanjutkan dengan gelaran Seminar Gerakan PAUD Berkualitas yang tergabung di IGTKI serta ramah tamah IGKTI- PGRI.

Acara pun ditutup dengan pemotongan Kue Ulang Tahun IGTKI ke-65 oleh Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan.)Tohal/Welson/e)

Pewarta: Asmuni

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015