Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Balangan Urai Nur Iskandar mengharapkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) bersih dari politik uang dan berjalan dengan lancar.

Urai Nur Iskandar di Paringin Selasa, mengharapkan proses demokrasi pada gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Balangan ini berjalan dengan lancar, aman, bersih dari politik uang dan dapat menghasilkan kepala-kepala desa yang memiliki kapabilitas dalam pemerintahan desa serta yang terpenting tidak terjadi adanya klaster baru COVID-19 usai Pilkades.

"Yang tidak kalah penting adalah setiap tahapan pelaksanaan Pilkades ini akan dipantau langsung oleh pihak Kemendagri, nanti ada form yang akan diisi oleh bupati, panitia kabupaten, panitia kecamatan dan panitia desa," katanya.

Seluruh kegiatan tersebut,  akan dievaluasi, jadi nanti sebelum dilaksanakan Pilkades sekitar dua minggu sebelumnya akan ada rekomendasi dari Kemendagri apakah kita layak untuk melaksanakan Pilkades atau tidak.

Maka dari itu, kata dia, ukurannya itu adalah pada pelaksanaan protokol kesehatan, kalau tidak layak berarti rekomendasi akan ditunda. Kami tentunya berharap tidak akan ditunda dan kita semua harus mematuhinya.

Disamping itu juga, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi yang dihadiri langsung oleh Wabup dan pimpinan forkopimda, ini juga menjadi salah satu penilaian oleh Kemendagri terkait seberapa serius perhatian pemerintah termasuk forkopimda dalam mendukung Pilkades serentak ini.

"Alhamdulillah saat melakukan rapat koordinasi mengenai Pilkades serentak tahun 2021 mendatang, semua pimpinan hadir mulai dari Kapolres, Dandim serta Kajari turut hadir, ini menunjukan bahwa pemerintah daerah serius dalam ingin melaksanakan Pilkades dengan memperhatikan protokol kesehatan," tuturnya.

Dia melanjutkan, pada rapat koordinasi yang telah dilakukan hanya tahap awal saja, nanti rapat selanjutnya mengenai hal-hal teknisnya akan pihaknya laksanakan. Termasuk nantinya masukan-masukan pada rapat koordinasi yang telah digelar akan dibahas pada rapat teknis nanti.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021