Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Dinas Pendidikan Kalimantan Selatan mendistribusikan bahan soal ujian nasional tingkat sekolah menengah pertama dan sederajat ke seluruh kabupaten dan kota di provinsi itu.


"Bahan soal ujian SMP/sederajat didistribusikan secara serempak ke-13 kabupaten dan kota se Kalsel," ujar Kepala Bidang Bina SMP Disdik Kalsel Hasirul di Banjarbaru, Senin.

Menurut dia di sela pelepasan delapan armada pengangkut bahan soal UN SMP di Kantor PT Pos Indonesia Regional IX Banjarbaru, seluruh bahan dipastikan sampai dalam satu hari.

Disebutkan, bahan soal UN yang didistribusikan sebanyak 4.911 boks terdiri dari 4.729 soal utama dan 182 boks bahan soal UN yang digunakan untuk ujian susulan.

Dijelaskan, pengiriman bahan soal dilakukan serempak ke kabupaten dan kota kemudian disimpan di markas kepolisian sehingga dokumen negara aman dan terjaga kerahasiannya.

"Bahan soal dipastikan sampai ke kabupaten dan kota hari ini. Semuanya disimpan di kantor polisi sehingga keamanan dan kerahasiaannya terjaga hingga pelaksanaan UN," ungkapnya.

Ia mengatakan, pengiriman bahan dilakukan lebih cepat karena naskah secara keseluruhan sudah diterima dari percetakan sehingga bisa langsung didistribusikan ke daerah-daerah.

"Pengiriman bahan soal lebih cepat lebih baik sehingga Dinas Pendidikan kabupaten dan kota juga bisa cepat mendistribusikan ke sekolah-sekolah penyelenggara," ucapnya.

Dikatakan, pihaknya menjamin keamanan bahan soal tiba di tujuan karena dikawal personel kepolisian hingga ke markas polisi dan disimpan di ruangan khusus.

"Setiap mobil dikawal satu polisi sehingga kami menjamin keamanan sampai bahan soal tiba di markas kepolisian," ujar Koordinator Pengamanan, AKP I Ketut Sadra.

Peserta UN SMP di Kalsel yang dilaksanakan 4-7 Mei 2015 sebanyak 63.037 siswa terdiri dari 57.565 siswa SMP/MTs, 5.423 siswa paket B dan 49 peserta SMP luar biasa.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015