Barabai,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, melakukan kampanye deteksi dini kanker untuk mencegah terjadinya kematian akibat penyakit mematikan karena terlambat diobati.


Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Tintainah Harun Nurasid di Barabai, Minggu mengatakan, deteksi dini kanker sangat penting dilakukan, sehingga penderita bisa cepat mendapatkan pertolongan sebelum kanker masuk stadium lanjut.

Menurut Tintaniah, deteksi dini kanker tersebut, telah dicanangkan sejak Selasa, (21/4) atau bertepatan dengan peringatan hari Kartini dengan tema "Gerakan Nasional Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Pada Perempuan".

Ketua panitia pelaksana, Fathul Jannah, menyampaikan program itu juga bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesadaran pencegahan kanker dan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

"PKK selama ini banyak dianggap sebagai motor penggerak yang berkontribusi dalam masyarakat, untuk membangun bangsa sehat dan peduli pencegahan kanker," katanya.

Sosialisasi tersebut, kata dia, sangat penting, karena kebanyakan wanita, khususnya di HST kurang mengerti akan kesehatan terutama organ wanita.

"Program ini menggandeng kader PKK di HST, sehingga dapat membangkitkan kesadaran masyarakat di seluruh kabupaten HST untuk peduli terhadap kanker rahim dan payudara," katanya.

Apalagi, tambahnya, berdasarkan data Komite Penanggulangan Kanker Nasional, sebanyak satu orang meninggal tiap jam karena kanker rahim.

"Untuk itu, saya berharap dengan adanya pencanangan ini, dapat menumbuhkan kesadaran para ibu pasangan usia subur (PUS) atau wanita usai subur (WUS) khususnya di HST, untuk melakukan pemeriksaan dini terhadap kanker serviks," terangnya.

Kegiatan pencanangan pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan HST drg Kusudiarto, ketua TP PKK Kecamatan se HST, dan seluruh kader PKK tingkat kecamatan hingga desa.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015