Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi tidak memperpanjang kontrak dokter (dr) senior spesialis bedah yaitu dr. Muhammad Asnal, Sp.B, FInaCS sebagai dokter di Rumah Sakit Haji Dhamanhuri (RSHD) Barabai per tanggal 30 Juni 2021 tadi.

"Iya benar, kontrak saya tidak diperpanjang lagi oleh Bupati untuk mengabdi di RSHD Barabai," kata dr Asnal pada Kamis (1/7) saat dikonfirmasi via telpon.

Mantan aktivis lulusan S2 kedokteran di Universitas Hasanuddin itu telah lama dikenal oleh warga Bumi Murakata, karena sejak Tahun 2002 sudah menjadi dokter spesialis bedah di RSHD Barabai, hingga berpindah-pindah ke berbagai RS yang ada di Kalsel dan terakhir sejak Tahun 2017 hingga 2021 dipercaya menjadi Direktur RSHD Barabai namun saat ini posisinya digantikan oleh dr Nanda Sujud Andi Yudha Utama beberapa minggu yang lalu.                            

Dokter Asnal mengungkapkan, walaupun tidak mengabdi lagi di RSHD Barabai, Ia menyatakan tetap tinggal di Barabai.

"Kita tetap tinggal di Barabai, karena masih ada praktek di Barabai dan Kota Kandangan," kata mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten HST periode 2002-2006 itu.

Anggota DPRD HST Yajid Fahmi menyayangkan pemutusan kontrak terhadap dr Asnal tersebut. Menurutnya, selain sebagai dokter senior spesialis bedah kebanggaan warga HST, dr Asnal juga dikenal sangat dekat dan baik kepada setiap pasiennya maupun bawahannya.

"Kalau HST melepas, saya yakin banyak RS lain di Kalsel maupun luar kalsel yang berebut menerima beliau karena kemampuan dan keahliannya sebagai dokter bedah," katanya.

Pada Pilkada 2020 tadi, dr Asnal juga sempat mendaftarkan diri ke Partai Gerindra sebagai salah satu bakal calon Bupati HST, namun tidak mendapatkan dukungan partai.

Sebelumnya, pada Pilkada HST Tahun 2010 yang lalu, kader Muhammadiyah itu juga terdaftar sebagai salah satu Calon Wakil Bupati HST berpasangan dengan H Mansyah Sabri yang saat ini menjadi Wakil Bupatinya Aulia Oktafiandi.

Tahun 2010 lalu Ia bersaing dengan pasangan Drs Muslih Amberi dan Faried Fakhmansyah (Pj Sekda HST sekarang), H Abdul Hakim Halim dan Asseffah Riffay serta Subhan Saputra dan Athaillah Hasbi.

Namun Pilkada HST 2010 yang lalu dimenangkan oleh pasangan calon Harun Nurasid dan Faqih Jarjani.

Baca juga: Inilah profil dan program Direktur RSHD Barabai ikut bursa Balon Bupati HST
Baca juga: dr Asnal resmi dilantik menjadi Ketua Askab PSSI HST
Baca juga: Netizen Ucapkan Terimakasih Ke Dokter RSHD Barabai

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021