Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Bhayangkara Tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual dan dirangkai syukuran, di Aula Endra Dharmalaksana Polres HSS.

Bertindak sebagai inspektur upacara Presiden RI H. Joko Widodo dari Istana Negara Jakarta, yang diikuti Kapolri dan Panglima TNI serta jajaran menteri dari kantor masing-masing, juga jajaran Polda dan Polres se Indonesia.

"Selamat HUT Bhayangkara ke-75 tahun dan Polri dan jajaran agar dapat terus bekerja optimal dalam menjaga keamanan dan ketertiban negara, terutama dalam menghadapi ancaman dalam negeri," katanya, dalam sambutan, Kamis (1/7).

Tak lupa, ia juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kerja keras Polri dan jajaran yang terus berjuang, dalam menghadapi pandemi virus Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia ini.

Adapun untuk syukuran HUT ke-75 Bhayangkara dengan tema yang diusung “Transformasi Polri Yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan COVID-19, Untuk Masyarakat Sehat Dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju”.

Kapolres HSS AKBP Siswoyo,  berterimakasih kepada Bupati HSS jajaran Forkopimda serta seluruh tamu undangan yang sudah hadir pada kegiatan syukuran Hari Bhayangkara ke-75.

“Acara syukuran yang merupakan tradisi ini tentunya diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala petunjuk berkah dan hidayahnya kepada segenap keluarga besar Polri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya mengabdi kepada masyarakat dan negara," katanya.

Dijelaskan dia, selama 75 Tahun Polri telah melaksanakan tugas dan pengabdiannya dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, tentunya tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dan kerjasama dari seluruh elemen lapisan masyarakat maupun stakeholder yang ada.

Saat ini pandemi COVID-19 masih menjadi persoalan yang krusial yang dihadapi seluruh masyarakat di Indonesia, yang tentunya menimbulkan banyak permasalahan pada aspek kehidupan.

 Tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan, namun juga perekonomian nasional. Oleh karena itu Polri dalam rangka HUT Bhayangkara ke 75 mengusung tema berkaitan dengan masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju.

“Peringatan hari Bhayangkara ke-75 ini diharapkan dapat menjadi reperesentasi dari tekad dan semangat Polri untuk mewujudkan Kamtibmas yang aman dan kondusif, menjaga iklim ekonomi yang positif sehingga dapat meningkatkan produktifitas masyarakat walaupun di tengah pandemi,” katanya.

Ia berharap pihaknya dapat terus berupaya maksimal untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas pokok fungsi dan perannya, sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang.

Dan dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara, agar jajaran Polri di Kalsel khususnya di HSS senantiasa mendapat limpahan rahmat kekuatan bimbingan dan kepercayaan.

Bupati HSS, mengatakan senang bisa bersama-sama pada syukuran Hari Bhayangkara, momentum HUT Bhayangkara ke-75 dapat menjadi penyemangat bagi jajaran Polri, khususnya Polres HSS untuk terus meningkatkan kinerjanya di masa-masa yang akan datang.

"Kami merasakan betul bagaimana peran Polres HSS dan juga jajaran TNI yang turut membantu terhadap giat pengamanan di HSS, sehingga suasana di HSS sangat kondusif dan memungkinkan pembangunan di HSS untuk mencapai visi misi," katanya, saat memberikan sambutan.

Dirgahayu Bhayangkara ke-75, terus maju, terus berikan yang terbaik, atas nama pribadi dan masyarakat mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya Polres selama ini.

Sudah 15 bulan bersama-sama menangani COVID-19 dan ternyata masih belum selesai akan tetapi angka positif yang sudah mulai turun, diharapkan dapat menjadi pertanda baik.

Ia meminta agar jangan teledor dengan turunnya angka positif di HSS dan terus waspada terhadap penyebaran pandemi, dan masih diperlukan kerjasama atau sinergi yang kuat untuk terus menekan penyebaran virus.

“Sesuai dengan tema dan pertumbuhan ekonomi harus berjalan seimbang dengan pandemi, pemerintah sudah mulai membuka berbagai kesempatan untuk beraktivitas, sebagai contoh objek wisata yang sudah mulai kita buka walaupun terbatas," katanya.

Ditambahkan dia, bukan hanya sekedar wisata yang dibuka tapi pihaknya menginginkan pergerakan ekonomi juga turut berjalan seimbang, serta dengan kebersamaan maka nantinya bisa atasi bersama pandemi ini.

Turut berhadir, Ketua DPRD HSS H. Akhmad Fahmi, Dandim 1003 HSS Letkol Armed Dedy Soehartono, Kepala Kejari Agus Rujito, Kepala Bank BRI Cabang Kandangan, Ali Askar.

Baca juga: 32 anak ikuti sunatan massal HUT Bhayangkara Polres HSS

Baca juga: 160 warga binaan pemasyarakatan Rutan Kandangan divaksin

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021