Melalui program perpustakaan berbasis inklusi sosial, warga binaan Rutan Kelas II B Pelaihari, Tanah Laut, Kalimantan Selatan  mendapatkan kelas keterampilan memotong rambut bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Laut (Dispusip Tala), di Aula Rutan Kelas II B Pelaihari, Selasa (29/6).

Kelas ketrampilan itu mendatangkan praktisi dari Abdurachman Barbershop memberikan beberapa teknik dan gaya potong rambut dicontohkan dan langsung dipraktikan para warga binaan. 

Kepala Subsi Pelayanan Tahanan pada Rutan Kelas II B Pelaihari  M Fahrurrazi mengatakan,  peserta yang diikutkan sudah memiliki keterampilan memotong rambut dan  belum memiliki keterampilan sama sekali. 

"Di sini kami punya tempat pemotongan rambut untuk para narapidana, kelas ini bisa menambah keterampilan warga yang biasanya memotongkan rambut," ujarnya.

Terpisah, Kepala Dispusip Tala AM Rhoedy Erhansyah menjelaskan,  pihaknya menginginkan kelas kali ini menjadi modal keterampilan jangka panjang.

"Untuk bekal mereka nanti kalau sudah kembali di masyarakat, syukur-syukur kalau jadi usaha,"harapnya.

Kelas keterampilan memotong rambut, jelas dia, menjadi salah satu program Dispusip Tala untuk perpustakaan berbasis inklusi sosial  yaitu perpustakaan yang memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya.

Selain itu, terangnya, adanya kemauan untuk menerima perubahan, serta menawarkan kesempatan berusaha, melindungi dan memperjuangkan budaya dan Hak Asasi Manusia (HAM)

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021