Forum Jurnalis Perempuan Indonesia atau FJPI Kalimantan Selatan, berkomitmen membantu menggeliatkan sektor ekonomi terutama pariwisata "Banua" (daerah setempat = red).

Ketua FJPI Kalsel Hj Sunarti menyatakan itu di Banjarmasin, Senin sehubungan dengan potensi kepariwisataan provinsinya cukup potensial untuk menunjang sektor ekonomi daerah.

"Namun selain belum terbina secara maksimal, potensial kepariwisataan Banua yang cukup potensial itu juga belum tersosialisasikan atau terpromosikan secara maksimal," ujarnya.  

Dalam upaya menggeliatkan sektor ekonomi, terutama pariwisata daerah, sebagai langkah awal FJPI mengadakan "visit media" (pertemuan media) dengan Bupati Tanah Laut (Tala), Kalsel H Sukamta.

"Visit media salah satu agenda penting FJPI Kalsel," tutur wartawati senior.

"Kita berupaya bersinergi dengan pemerintah kabupaten Tala untuk mengembangkan sektor pariwisata,” lanjutnya.

FJTI ingin berkontribusi melalui karya jurnalistik para jurnalis perempuan yang tergabung di FJPI Kalsel agar ikut mempopulerkan wisata yang ada, dan pada gilirannya mampu menarik wisatawan.

"Pengunjungnya bukan cuma wisatawan lokal atau warga Bumi Tuntung Pandang Tala, melainkan pula dari daerah lain seperti Kota Banjarmasin yang jaraknya tidak terlalu jauh," lanjutnya.

Ia menyatakan, sangat apresiasi kepada Pemkab Tala karena Bupati Sukamta berkenan secara langsung menyambut dan menjamu rombongan FJPI Kalsel dalam suasana santai.

Pertemuan tersebut bisa menggali berbagai informasi terkait wisata yang ada di Bumi Tuntung Pandang Tala, saling memberi masukkan dan inspirasi untuk pengembangan wisata di kabupaten itu.

Baca juga: Banjarmasin segera tambah unit transportasi sungai untuk wisata

“Lebih dari itu, diharapkan bisa merumuskan kolaborasi konkrit seperti apa yang dapat dilakukan Pemkab Tala dan FJPI Kalsel untuk membangkitkan lagi pariwisata di kabupaten tersebut," demikian Narti.

Sementara itu, Bupati Tala Sukamta memaparkan keunggulan pariwisata yang ada di kabupatennya, mengingat potensi pendapatan asli daerah (PAD) diarahkan pada pengembangan pariwisata.

“Kita mengandalkan pariwisata untuk mengembangkan daerah, mengingat Tanah Laut memiliki banyak potensi wisata, mulai wisata pantai, gunung, agro, buatan dan religi,” jelas dia.


Namun, sektor pariwisata Tala sebagiannya masih pengelolaan swasta, sehingga memerlukan waktu agar bisa menghasilkan pendapatan bagi daerah, karena ingin mengembangkan obyek wisata tersebut dan bisa mendatangkan wisatawan.

“Kita berharap FJPI Kalsel bisa membantu mempromosikan objek wisata Tala, agar mampu menarik wisatawan semaksimal mungkin," demikian Sukamta.***1***

Pewarta: Imam Hanafi/syamsuddinhasan

Editor : Nurul Aulia Badar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021