Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, membentuk relawan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi di Bumi Saraba Kawa ini.


Kepala Seksi Pengkajian, Pengembangan Sistem Informasi, dan e-gov, Eddy Suriyani di Tanjung, Selasa, mengatakan relawan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melibatkan kalangan pelajar, guru, dan aparatur negara agar bisa memberikan edukasi dan sosialisasi pemanfaatan dan pembelajaran TIK di masyarakat.

"Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan kami lantik besok dan relawan diharapkan mampu mengawal dan mendampingi pemberdayaan masyarakat dalam memanfaatkan bantuan pemerintah seperti pusat layanan internet kecamatan," jelas Eddy.

Termasuk pemanfaatan warnet desa, rumah pintar, desa pintar dan desa berdering seiring peningkatan kemampuan dan perbekalan organisasi maka relawan TIK diharapkan mampu membuat satuan tugas yang bersikap siaga, sigap dan tanggap dalam melakukan koordinasi.

Relawan TIK di Tabalong yang dibentuk beranggotakan 50 orang mencakup praktisi IT, guru, pelajar dan aparatur negara yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi.

Eddy menambahkan dalam pengukuhan relawan TIK Tabalong juga akan digelar sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang diikuti kalangan LSM, sanggar seni, karang taruna, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

"Kita ingin setiap kelompok informasi masyarakat bisa mengenal dan memanfaatkan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang dibutuhkan dalam pemberdayaan masyarakat," tambah Eddy.***4***

(T.KR-HLN/B/N002/N002) 21-04-2015 11:00:01

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015