Badan Narkotika Nasional Kabuoaten (BNNK) Hulu Sungai Utara menggandeng   insan media menjadi pegiat anti narkotika dan memberikan penguatan kapasitas kepada mereka melalui kegiatan workshop.

"Melalui perannya sebagai penyebar informasi, insan media bisa membantu upaya pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkotika," ujar Kepala BNNK HSU H Syamsudin di Amuntai, Kamis (24/6).

Peran insan media, kata Syamsudin, berkaitan pula dengan penyebaran informasi kepada masyarakat terkait upaya pemberantasan, pencegahan dan rehabilitasi.

Apalagi, lanjutnya, BNNK HSU juga mulai melakukan upaya pemberantasan sejak mendapat tambahan tenaga dari Polda Kalsel sebanyak tiga orang.

"Namun kita tetap mengedepankan upaya pencegaham melalui sosialisasi sehingga salah satunya sangat membutuhkab kemitraan dengan insan media.
 
Kepala BNNK HSU H Syamsudin memberikan materi mengenai Narkoba dan permasalahannya pada Workshop penguatan kapasitas Insan Media di Aula Hotel Balqis Amuntai, Kamis (23/6). (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

Insan media diharapkan juga terlibat aktif dalam pelaksanaan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dilingkungan tempat tinggal masing-masing.

Syamsudin menegaskan, pihaknya akan menggalang kerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung Kabupaten Tanggap Ancam Narkoba di HSU.

Kabid Komunikasi dan Informasi Publik Diskominfo HSU, Hj Khalidiyah yang ikut hadir dalam kegiatan workshop mempersilakan pihak BNNK memanfaatkan sarana televisi lokal yang dikelola Diskominfo untuk sosialisasi ke masyarakat tanpa dipungut biaya alias gratis.
 
Para insan media di Kabupaten HSU mengikuti Workshop penguatan kapasitas Insan Media di Aula Hotel Balqis Amuntai, Kamis (23/6). (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

Kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas kepada insan media  yang dilaksanakan selama satu hari di Aula Hotel Balqis Amuntai, menghadirkan narasumber Kepala BNNK dokter spesialis kejiwaan dari RSUD Pambalah Batung, kepolisian dan Kepala Kesbangpol HSU terkait Regulasi pembentukan Raperda P4GN dan PN.

Pada kesempatan itu, Syamsudin memberikan sertifikat dan menyematkan pin pengiat anti narkoba kepada semua insan media yang mengikuti workshop.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021