Perusahaan PT. Surya Langgeng Sejahtera (SLS) bersama Tim Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat (TKTD) dan Manggala Agni, menggelar pelatihan terkait pencegahan dan penaggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sebagai bentuk komitmen perusahaan.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 21 sampai 23 Juni 2021, di Aula Kecamatan Kalumpang dan Lapangan Datu Durabu Kecamatan Kalumang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Adapun jumlah peserta yang diikutkan dalam kegiatan sebanyak 45 orang, terdiri dari tiga regu tim pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Pelatihan TKTD PT Surya Langgeng Sejahtera bersama Manggala Agni (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: MoU PT SLS dan KTPA desa wilayah HGU sinergitas cegah dan tanggulangi karhutla

"Untuk mencapai tujuan "Zero Hotspot" selama musim kemarau tidak bisa hanya dengan menyiapkan peralatan pencegahan karhutla sesuai dengan sarana dan prasana yang lengkap sesuai standar, akan tetapi juga harus menyiapkan SDM yang memiliki keahlian dibidang pencegahan dan penanggulangan karhutla," kata Direktur Operasional PT SLS, Heri Suhanta Hernada.

Dijelaskan dia, pelatihan ini dilaksanakan dengan bekerjasama dengan tim Manggala Agni, dalam upaya menyiapkan sarana dan prasarana yang sesuai standar, serta SDM yang memiliki skill dan soft skill di bidang pencegahan dan penanggulangan karhutla, dan mewakili manajemen PT SLS berharap akan tehindar dari bahaya karhutla selama musim kemarau tahun 2021 ini

Koordinator Manggala Agni Wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel), Dodi Ronal Hotapea, mengatakan berterimakasih sebesar-besarnya kepada Manajemen PT SLS yang telah mempercayakan kepada Tim Manggala Agni sebagai pelaksana kegiatan pelatihan “Dasar pencegahan dan penanggulangan karhutla” kepada tim TKTD PT SLS.
 

Pelatihan TKTD PT Surya Langgeng Sejahtera bersama Manggala Agni (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Perusahaan sawit PT SAM dan PT SLS diharapkan beri dukungan atasi karhutla HSS

Menurut dia, berdasarkan hasil penilaian pelatihan selama tiga hari dilaksanakan kegiatan, semua peserta dapat mengikuti pelatihan dengan penuh antusias dan semangat, baik saat pemberian materi maupun praktek lapangan dan peserta juga mendapat nilai dengan predikat baik.

"Maka dengan hasil penilaian tersebut, maka semua peserta pelatihan dinyatakan lulus setelah selesai mengkuti pelatihan," katanya, saat menyampaikan hasil pelatihan.

Turut berhadir, Manajemen dan staf PT SLS, Perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD HSS, Asnan, Camat Kalumpang, Miftahul Ulum, Kapolsek Kalumpang dan Danramil Simpur-Kalumpang.

Pelatihan TKTD PT Surya Langgeng Sejahtera bersama Manggala Agni (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021