Sekretaris Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Gusti Abidinsyah SSos MM mengharapkan, agar provinsinya mencontoh Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam hal perumahan dan kawasan permukiman atau Perkim.

Harapan itu menjawab Antara Kalsel di Banjarmasin, Kamis (24/6) sesudah anggota Komisi III yang juga membidangi Perkim studi komparasi/kunjungan kerja (Kunker) ke "Bumi Isen Mulang" (pantang mundur) atau "Bumi Tambun Bungai" Kalteng, 21 - 23 Juni lalu.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel II/Kabupaten Banjar itu mengaku terkesan dengan pemerintah provinsi (Pemprov) tetangganya yang cukup akomodatif terhadap pokok pikiran (Pokir) anggota Dewan yang merupakan himpunan aspirasi masyarakat.

Mantan pejabat pada pemerintah kabupaten (Pemkab) Banjar itu menunjuk contoh dalam penanganan rumah tidak layak huni (RTLH) dan perbaikan jalan lingkungan oleh Pemprov Kalteng, melalui Dinas Perkimnya sebagian besar dari Pokir anggota DPRD setempat.

Penanganan RTLH dan jalan lingkungan permukiman penduduk merupakan program unggulan dari Dinas Perkim Kalteng, kutip penggagas penuntutan pembentukan Kabupaten Gambut Raya yang mau berpisah dengan Kabupaten Banjar tersebut.

"Sementara kita untuk hal serupa yang merupakan aspirasi masyarakat banyak diarahkan kepada pemerintah kabupaten/kota (Pemkab/Pemkot) setempat. Jarang terakomodir pada tingkat provinsi," ujar wakil rakyat dari Partai Demokrat tersebut.

"Padahal persoalan tersebut kemungkinan bisa saja dalam bentuk hibah dari Pemprov. Oleh karenanya kita berharap agar dalam perencanaan Perkim dapat mengakomodir Pokir Dewan yang notabene merupakan aspirasi masyarakat yang mereka sampaikan saat kami reses," demikian Gt Abidinsyah.

Rombongan anggota Komisi III DPRD Kalsel yang kunjungan ke Dinas Perkim Kalteng tersebut masing-masing Gt Abidinsyah, H Agus Mawardi (PKB), H Hormansyah SH SAg MH (PKB), Izhar. (Gerindra), Jihan Hanifa SH (Gerindra), Imam Kanapi (PKS) dan Habib Muhammad Zen Bahasyim (PAN).

Sedangkan pendamping Kunker anggota Dewan tersebut Kasub Bagian Hukum, Perundang-undangan dan Layanan Aspirasi  Sekretariat DPRD Kalsel Nuralisyah SPd MPd.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021