DPRD Kalimantan Selatan dalam hal ini Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur pelajari instrumen ekonomi lingkungan hidup (IELH) Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Sekretaris DPRD (Sekwan) Kalsel Drs H Antung Mas Rozaniasyah kepada wartawan/anggota press room setempat di Banjarmasin, Selasa menerangkan, kunjugan kerja (Kunker) Komisi III yang juga membidangi lingkungan hidup itu ke Jatim, 21 - 23 Juni 2021.

Selain itu, pada saat bersamaan di antara anggota Komisi III DPRD Kalsel yang juga membidangi perumahan rakyat dan kawasan permukiman (Perkim) tersebut studi komparasi ke dalam tetangga yaitu Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Studi komparasi ke daerah tetangga itu dalam rangka 'sharing' (tukar pendapat dan pengalaman) terkait kebijakan kawasan perumahan ke Dinas Perkim Kalteng," ujar Sekwan Kalsel yang akrab dengan sapaan Nunung tersebut.

"Kemudian kelompok satunya lagi dari Komisi III tersebut pada saat bersamaan Kunker ke DKI Jakarta, untuk memonitor dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Badan Penghubung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel yang ada di Ibu Kota Negara itu," lanjutnya.

Sedangkan Komisi-Komisi lainnya di DPRD Kalsel Kunker dalam daerah provinsi juga melakukan monitoring dan evaluasi, serta tukar pendapat atau pemikiran.

Sebagai contoh Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan komparasi terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dan Kabupaten Balangan.

"Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan yang juga membidangi pertanian secara umum meninjau Laboratorium Proteksi Tamanan Pangan dan Holtikultura (PTPH) di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu)," ujarnya.

Peninjauan ke Laboratorium tersebut dalam rangka monitoring pelaksanaan pertanian di wilayah timur/tenggara Kalsel tersebut, lanjutnya.

Sementara Komisi IV Bidang Kesra yang juga membidangi pendidikan dan kesehatan monitoring dan evaluasi persiapan serta kesiapan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kecamatan Satui, Tanbu, demikian Nunung.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021