Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga membidangi aset daerah mengharapkan, agar pemerintah daerah (Pemda) setempat segera menyelesaikan masalah mahasiswa asal provinsinya di Yogyakarta.

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H Suripno Sumas SH MH mengemukakan itu di Banjarmasin, Selasa (22/7) sesudah Ketua Komisinya kunjungan kerja (Kunker) ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), 17 - 19 Juni lalu.

Dalam Kunker ke Yogya tersebut, Ketua Komisi I DPRD Kalsel Dra Hj Rachmah Norlias dari Partai Amanat Nasional (PAN) bersama rombongan meninjau Asrama Sultan Suriansyah tempat mahasiswa asal provinsinya yang bermasalah.

Pasalnya penghuni Asrama Mahasiswa Kalimantan Selatan (AMKS) Suriansyah Yoga tersebut banyak yang bukan berstatus mahasiswa lagi atau sudah bekerja.

Sementara banyak pula mahasiswa asal "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" atau "Bumi Lambung Mangkurat" Kalsel yang kuliah di Yogya memerlukan pemondokan.
Rombongan Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga membidangi aset daerah meninjau asrama mahasiswa asal provinsinya yang studi di Yogyakarta, 17 -:19 Juni lalu. (Istimewa/staf Komisi I DPRD Kalsel.)

"Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel merencanakan AMKS Suriansyah Yoga tersebut untuk asrama putri. Namun sampai saat ini belum terealisasi," ujar wakil rakyat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

"Memang sampai saat ini mahasiswi asal provinsi kita yang kuliah di Yogya belum mendapatkan asrama khusus putri dari Pempda/Pemprov Kalsel," demikian Suripno Sumas.

Di Yogya saat ini terdapat sejumlah AMKS dengan penghuninya mahasiswa/putra yaitu AMKS Pangeran Antasari (Pantas), Lambung Mangkurat (Lamang), Pangeran Hidayatullah dan AMKS Suriansyah.
Rombongan Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga membidangi aset daerah meninjau asrama mahasiswa asal provinsinya yang studi di Yogyakarta, 17 -:19 Juni lalu. Pada gambar rombongan sedang meninjau AMKS Pangeran Suriansyah di Jalan Gambir Yogyakarta. (Istimewa/staf Komisi I DPRD Kalsel.)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021