Amuntai,  (Antaranews Kalsel) - Gugus depan pramuka santri di Kabupaten Hulu Sungai Utara menyabet juara perkemahan nusantara dan mewakili Kalimantan Selatan ke tingkat nasional.


"Gugus depan (Gudep) pramuka putri pondok pesantren (ponpes) Salafiyah Ar-Raudah Desa Pasar Senin, Kecamatan Amuntai Tengah, berhasil menggondol gelar juara I pada perkemahan pramuka santri nusantara IV tingkat Kalimantan Selatan," kata Sekretaris Daerah Hulu Sungai Utara Eddy Yannor Idur di Amuntai, Rabu.

Prestasi pramuka santri putri ponpes Ar Raudah patut dibanggakan, meski baru dibentuk 2015 sudah mampu berprestasi dengan meraih juara I di perkemahan pramuka santri nusantara IV Kalsel yang dilaksanakan di Cindai Alus Martapura 8-11 April 2015.

Selain pramuka putri yang meraih juara I, santri putra juga berhasil meraih juara III sehingga kembali menjadi peserta inti pada perkemahan tingkat nasional.

Pembina pramuka Ar Raudah Muhammad Aini menuturkan, 60 persen biaya persiapan mengikuti perkemahan pramuka santri nusantara IV tingkat Kalsel ditanggung pihak Ponpes Ar Raudah.

Ia berharap untuk persiapan mengikuti perkemahan tingkat nasional ada bantuan dari berbagai pihak, khususnya dari Kemenag dan Pemda Hulu Sungai Utara, karena berbagai fasilitas latihan kepramukaan di Ar Raudah masih sangat minim.

"Kami berharap dukungan berbagai pihak agar ponpes Ar Raudah bisa berprestasi di tingkat nasional dan mengharumkan nama daerah," kata Aini yang juga Kepala Wutsha (setingkat SMP) di Ponpes Ar Raudah.

Anggota pramuka putri Ponpes Ar Raudah, Sri Mayanti menuturkan, dirinya dan teman-temannya sempat grogi mengikuti kegiatan perkemahan tingkat provinsi, karena baru pertama kali mengikuti kegiatan skala propinsi padahal gudep pramuka mereka baru saja dibentuk.

"Berbekal latihan yang cukup singkat tidak menyangka sama sekali bisa meraih juara pertama padahal saingan kita para senior di gerakan pramuka dari berbagai kabupaten/kota," ujarnya.

Namun berbekal keyakinan dan rasa tanggung jawab karena mengemban amanah dipercaya kwartir gerakan pramuka khususnya mewakili pramuka santri di Hulu Sungai Utara, maka anggota pramuka santri putri Ar Raudah belajar sungguh-sungguh hingga membuahkan prestasi juara tersebut.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015