Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar kegiatan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), Jumat dengan melakukan aksi lingkungan membersihkan sungai di dalam Kota Banjarmasin.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala BNN Kalsel Brigjen Pol Drs Jackson Lapalonga berlangsung di seputaran Sungai jalan Veteran, kawasan Banjarmasin Timur yang termasuk wilayah padat penduduknya.

Dalam kegiatan tersebut melibatkan ratusan anggota BNN Kalsel yang berkolaborasi dengan penggiat lingkungan Forum Komunitas Hijau (FKH) Banjarmasin dan Perkumpulan Hijau Daun (PHD).

Turut hadir juga Camat Banjarmasin Selatan, Danramil dan sebagian masyarakat setempat.
Pejabat BNN Kalsel ditengah aksi (Antaranews Kalsel/Hasan Z)

Aksi yang dilakukan adalah membersihkan sungai Viteran dari tumpukan sampah khususnya sampah plastik, karena plastik dinilai sampah yang sangat mengganggu lingkungan karena ratusan tahun hanya bisa terurai.

Caranya ada menggunakan alat mengait sampah pelastik namun tak sedikit peserta aksi yang terjun langsung ke sungai mengais ngais sampah dengan alat atau dengan tangan langsung, walau air sungai kala itu bagaikan comberan.

Menurut Jackson Lapalonga, Banjarmasin ini sebenarnya sangat indah lantaran banyak sungai, tetapi sayang jika sungai tersebut tidak bersih karena banyak sampah terutama plastik.
FKH Banjarmasin terlibat dalam aksi (Antaranews Kalsel/Hasan Z)

Oleh karena itu kegiatan peringatan HANI kali ini dengan objek sungai, setidaknya kegiatan bisa mengedukasi masyarakat untuk mencitai sungai.

Aksi dibagi dua kelompok, ada yang sebelah barat dan ada sebelah timur, hasil akhir dari pengambilan sampah tersebut kemudian oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) diangkut ke tempat pembuangan sampah akhir.

Kondisi sungai Veteran memang cukup memprihatikan, seorang anggota FKH Zany Thaluk yang terjun langsung ke sungai mencoba mengukur kedalaman sungai ternyata cukup dalam atau sekitar 150 sentimeter.

Tetapi sungai terlihat dangkal ternyata setelah ditelitinya hanya tumpukan sampah aneka macam yang mengendam di sungai tersebut yang mungkin sudah tertanam lama atau tahunan.
Kepala BNN Kalsel, Brigjen Pol Drs Jackson Lapalonga berfoto bersama dengan peserta aksi (Antaranews Kalsel/Hasan Z)

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021