Pelaihari, (AntaranewsKalsel) - Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Ir Riyadi menyakini kabupatennya akan dapat meraih penghargaan piala Adipura untuk yang kedua kalinya.

Menurut dia, Senin, pengumuman peraih piala Adipura Nasional pada 5 Juni 2015 mendatang.

"Pemenangnya akan diundang ke Istana Presiden RI untuk menerima secara langsung piala tersebut, sebagaimana tahun lalu daerah kita pernah mendapatkannya," ujar Riyadi.

Hal tersebut dikarenakan, kata dia, Tanah Laut (Tala) merasa optimis semua objek yang menjadi penilaian di atas standar nilai yang telah ditentukan tim penilai.

"Sebelum penilaian tahap kedua pada akhir April 2015 nanti, semua objek yang menjadi penilaian Tim Adipura Nasional sudah tidak ada diragukan lagi," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, penerima Piala Adipura Nasional setiap tahunnya ditetapkan sebanyak 105 kabupaten/kota se Indonesia dari 450 kabupaten/kota yang ikut bersaing dalam kegiatan tersebut.

"Kita bersyukur tahun 2014 lalu berhasil mendapatkan Piala Adipura Nasional kategori kota kecil, dan tahun 2015 ini mudah-mudahan kembali meraih Piala Adipura untuk kedua kalinya berturut-turut," terangnya.

Dijelaskan Kepala BLH Tala, keberhasilan meraih Piala Adipura Nasional, tidak hanya peran BLH Tala semata, namun pera serta seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut juga sangat diperlukan.

"Bahkan, peran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sangat diharapkan juga," tegasnya.

Ia berharap, keberhasian meraih Piala Adipura Nasional tahun 2014 lalu menjadi motivasi bagi semua pihak terkait untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di Kabupaten Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015