Dalam rangka membangun desa untuk mewujudkan desa sejahtera, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui Dinas Sosial setempat melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Sarjana Pendamping Desa Sejahtera bersama Tim Pembina Samping Desa, yang digelar di Gedung Pramuka Kandangan.

Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah, di Kandangan, Rabu (16/6), mengatakan rakoor ini dilaksanakan selama 2 hari, yakni angkatan pertama pada hari ini, diikuti sebanyak 75 orang samping desa yang berasal dari Kecamatan Kandangan, Padang Batung, Sungai Raya, Telaga Langsat dan Angkinang, dilanjutkan nantinya dengan angkatan kedua.

"Angkatan kedua akan dilaksanakan pada Senin, 21 Juni 2021 yang akan diikuti sebanyak 72 orang samping desa dari Kecamatan Daha Selatan, Daha Utara, Daha Barat, Kalumpang, Simpur dan Loksado," katanya, saat memberikan keterangan.

Baca juga: Bupati inginkan sarjana pendamping desa wujudkan HSS Sejahtera

Dijelaskan dia, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mendapatkan arahan dan pembinaan dari pembina, yakni Bupati HSS dan Wakil Bupati HSS dalam rangka memberikan motivasi bagi seluruh samping desa di dalam menjalankan tugasnya sebagai salah satu ujung tombak dalam percepatan pembangunan bidang kesejahteraan sosial di HSS.

Selain itu, melalui rakor ini dapat dijadikan sebagai sarana bagi seluruh bidang yang ada di Dinas Sosial HSS untuk menginformasikan berbagai program kerja di tahun 2021, sebab sarjana pendamping desa pada saat ini telah fokus pada pendampingan program sosial.

"Dengan peran yang diberikan, maka diharapkan sarjana pendamping desa dapat terus berkembang dan melakukan inovasi mengikuti perkembangan jaman serta menjadi pondasi dasar dalam mengawal program-program daerah khususnya dibidang pengentasan kemiskinan," katanya.

Baca juga: Bupati HSS serahkan bantuan korban kebakaran di Bajayau

Samping Desa bertugas untuk mengawal berbagai program pemerintah dalam rangka upaya kemandirian dan pengentasan kemiskinan, menjadi penghubung kelompok masyarakat dengan berbagai potensi, serta melaksanakan tugas pendataan atau pembaharuan data terkait dengan permasalahan dibidang sosial.

Rakor mengusung tema "Sehati Bersama Membangun Desa yang Mandiri", dibuka secara langsung Bupati Kabupaten HSS H. Achmad Fikry, serta didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021