Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mengharapkan pemerintah provinsi (Pemprov) setempat mengambil inisiatif untuk melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait rencana pembelajaran tatap muka atau "PTM".

"Tidak hanya koordinasi dengan sekolah yang menjadi kewenangan provinsi (SMA/SMK/SLB). Tetapi juga melibatkan pemerintah kabupaten/kota dan Kementerian Agama (SD/MI/SMP/MTs/MA)," ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Kalsel Firman Yusi SP melalui WA-nya, malam Senin (14/6).

"Koordinasi itu dimaksudkan agar pola-pola yang diterapkan pada PTM tetap menekankan pada penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, namun tidak mengorbankan kualitas pendidikan," lanjutnya menjawab Antara Kalsel di Banjarmasin.

Harapan atau saran tersebut sesudah Komisi IV DPRD Kalsel yang juga membidangi pendidikan dan kesehatan kunjungan kerja (Kunker) dalam daerah provinsi setempat, yaitu Kabupaten Tabalong, 10 - 12 Juni 2021 dan dalam kaitan PTM saat masih pandemi COVID-19.

Firman Yusi yang juga Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menegaskan, salah satu hal terpenting dalam koordinasi tersebut untuk segera mempercepat proses vaksinasi bagi guru yang merupakan komponen penting penyelenggaraan PTM.

Kunker Komisi IV DPRD Kalsel ke "Bumi Saraba Kawa" Tabalong untuk menggali pengalaman penyelenggaraan PTM dengan menemui Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten setempat.

"Pasalnya di kabupaten paling utara provinsi kita itu sudah melaksanakan PTM sejak Januari 2021," ujar wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Tabalong tersebut.
Rombongan Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel saat pertemuan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong di Tanjung (237 kilometer utara Banjarmasin), Jumat 11 Juni 2021. (Istimewa)

"Di Tabalong kami mendapat banyak catatan hasil evaluasi di antaranya soal kondisi siswa saat datang dan pulang, pengaturan shift belajar, fasilitas pendukung, penerapan disiplin prokes dan catatan lain," lanjutnya tanpa merinci.

Sebelumnya, terkait hal yang sama (PTM), Komisi IV sudah mengunjungi pemerintah kabupaten (Pemkab) Balangan, Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Selatan (HSS), serta SMA dan SMK di Kabupaten Barito Kuala (Batola) dan Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Menurut dia, pengalaman dari penyelenggaraan PTM di daerah-daerah tersebut bersama dengan pandangan dan pendapat dari pihak sekolah, Komisi IV merasa penting dalam rangka persiapan PTM yang rencananya secara nasional pada awal tahun ajaran  2021/2022.

Menerima kunjungan rombongan Komisi IV DPRD Kalsel tersebut, Kepala Disdik Tabalong H Mahdi Noor bersama sejumlah Kepala Sekolah (SD dan SMP) yang sejak Januari 2021 sudah menyelenggarakan PTM, demikian Firman Yusi.
Foto bersama rombongan Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel usai pertemuan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong di Tanjung (237 kilometer utara Banjarmasin), Jumat 11 Juni 2021. (Istimewa)




 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021