Martapura, (Antaranews Kalsel) -  Pemerintah Kabupaten Banjar, berhasil menekan angka kemiskinan dan pengangguran melalui program yang dilaksanakan selama kepemimpinan Sultan H Khairul Saleh.

Sebagaimana siaran pers Humas Pemkab Banjar,  Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Kalimantan Selatan H Muhammad Djaseran, mengatakan, terjadi penurunan angka persentase pada indeks penduduk miskin dan tingkat pengangguran di beberapa Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan..

Adapun Indeks Penduduk Miskin di Kabupaten Banjar sendiri ditahun 2011 menunjukan angka 3,17 dan ditahun 2013 terjadi penurunan sebesar 2,84.

Sedangkan persentase tingkat pengangguran ditahun 2009 berada pada angka 4,14 dan ditahun 2012 juga terjadi penurunan yang signifikan yakni sebesar 2,62.

Selain itu, angka ini juga merupakan angka persentase terendah diantara Kabupaten/Kota yang lain di Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada angka persentase tersebut juga menunjukan bahwa Pemerintah Kabupaten Banjar yang dimotori oleh Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh, sangat serius dan tidak main-main dalam memberantas kemiskinan serta menanggulangi penggangguran, yang dapat memberikan dampak buruk terhadap masyarakatnya.

Kegiatan Musrenbang Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2015 yang dipimpin oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Arifin serta dihadiri seluruh Kepala Daerah dan  puluhan pejabat Bappeda Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Selatan ini.

Membahas Isu Strategis Kalimantan Selatan yang menyangkut tentang diantaranya pengembangan sektor ekonomi berkelanjutan, peningkatan infrastruktur, peningkatan kualitas lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan.

Dalam rangkaian agenda musrenbang ini Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Arifin dalam sambutannya juga mengatakan agar pemerintah daerah dan juga provinsi selalu bersinergi dalam mewujudkan peningkatan pencapaian pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat yang mana senada dengan tema yang diangkat.

Sultan H Khairul Saleh yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, juga menyaksikan langsung pembukaan secara simbolis rapat Musyawarah Rencana Pemabangunan (Musrenbang) Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2015 oleh H Rudy Arifin.

Pewarta: Asmuni

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015