Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto memastikan situasi keamanan terjaga kondusif dan tidak ada gejolak apapun di hari pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan (Pilgub Kalsel).

"Sampai detik ini saya tidak menerima laporan adanya gangguan keamanan dari seluruh wilayah yang menggelar PSU, jadi situasi aman terkendali," kata dia di Banjarmasin, Rabu.

Rikwanto mengawali kunjungannya memonitor pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) bersama forkopimda yaitu di TPS 07 Kelurahan Pemurus Dalam, Kota Banjarmasin.

Di lokasi tersebut, Rikwanto mengatakan PSU berjalan lancar tanpa kendala serta protokol kesehatan juga dijalankan sebagaimana yang seharusnya.

Menurut Kapolda, Forkopimda kompak menciptakan situasi yang kondusif demi terselenggaranya PSU pada hari ini. Bahkan dalam dua hari terakhir, dia perintahkan anggota Polri dibantu TNI melakukan patroli skala besar 1x24 jam untuk masuk hingga ke jalan "tikus" di gang-gang sempit.

"Kita tracing betul masalah keamanan. Secara dialogis menyapa masyarakat di pemukiman yang wilayahnnya menggelar PSU supaya pelaksanaan hari ini dapat berjalan dengan baik. Warga juga tidak ada keraguan untuk menyalurkan hak suaranya dengan perasaan gembira," tutur jenderal bintang dua itu.

Sedangkan yang terkait pidana pemilu, juga dipastikan Rikwanto telah diselesaikan Bawaslu melalui Sentra Gakkumdu sebelum pelaksanaan PSU. Sehingga jika pun ada masalah pidana maka hal itu di luar pada pidana pemilu terkait Pilgub.

"Itu on the track jadi silahkan dipantau saja perkembangannya. Yang pasti, PSU hari ini harus berjalan aman, tertib dan lancar," tandasnya.
   

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021