Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan siap melaksanakan belajar tatap muka, kendati masih suasana pandemi COVID-19.

Ketua Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga membidangi pendidikan dan kesehatan, HM Lutfi Saifuddin SSos mengungkapkan itu melalui WA-nya, sesudah Komisinya mengunjungi SMA Negeri (SMAN) 1 Anjir Pasar Batola, Senin (7/6) sor.

Dalam kaitan pembelajaran tatap muka, pihak SMAN 1 Anjir Pasar (sekitar 35 kilometer barat Banjarmasin) mengaku sudah menerima Surat Edaran Disdikbud Kalsel.

Pembelajaran tatap muka mulai tahun ajaran baru (2021/2022) atau Juli mendatang, yang pelaksanaannya dalam satu minggu tiga hari dan hanya tiga jam secara bergiliran maksimal satu kelas 50 persen dari jumlah siswa.

Pihak sekolah akan menyediakn "standing termogan" (pengukur suhu badan) yang penyediaannya melalui anggaran dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Dalam proses pembelajaran tatap muka, pihak sekolah sudah menyebarkan angket terkait bagaimana persetujuan orang tua.

"Melalui sebar angket persetujuan orang tua dari 517 orang tua siswa,  hanya lima orang tua siswa yang tidak setuju, sekitar 97 persen orang tua siswa menyetujui pelaksanaan tatap muka tersebut," kutip anggota DPRD Kalsel dua periode itu.

"Sekolah sudah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) protokol kesehatan (Prokes) dan jajaran dewan guru semua sudsh divaksin COVID-19," lanjut wakil rakyat dari Partai Gerindra tersebut.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin itu mengungkapkan, bahwa mereka (SMAN 1 Anjir Pasar) sudah menyusun prosedur standar masuk sampai pulang sekolah siswa sesuai SOP Prokes.

"Mereka juga telah membentuk tim gugus covid sekolah. Begitu pula sarana prasarana Prokes sudah sangat mendukung," ungkapnya.

'Dewan Guru sangat antusias dan siap  melakukan pembelajaran tatap muka. Karena dalam pelaksanaan secara 'online' atau dalam jaringan (Daring) ada kendala-kendala yang mereka rasakan," demikian Lutfi Saifuddin.

Pada kesempatan kunjugan kerja (Kunker) dalam daerah provinsi setempat, 6 - 8 Juni 2021, Komisi IV yang menjadwalkan mengunjungi SMAN 1 Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Kunjungan ke SMAN 1 Tambang Ulang (sekitar 40 kilometer timur Banjarmasin) itu juga untuk mengetahui persiapan dan kesiapan sekolah tersebut melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021