DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan membicarakan mengenai penyelenggaraan cadangan pangan daerah dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) Tabalong.

Wakil Ketua Komisi II yang juga membidangi pertanian secara umum (termasuk pangan), Hj Dewi Damayanti Said SE MM mengemukakan itu melalui WA-nya menjawab Antara Kalsel Ahad (6/6) sore.

"Kita perlu membicarakan penyelenggaraan cadangan pangan dengan Pemkab Tabalong atau kabupaten paling utara Kalsel yang berbatasan Kalimantan Timur (Kaltim) itu," ujar "Srikandi" Partai Golkar tersebut sebelum bertolak ke Tanjung (237 kilometer utara Banjarmasin), ibukota Tabalong.

"Apalagi Kalsel nanti sebagai Gerbang Ibu Kota Negara (IKN) yang berkedudukan di Kaltim dan Tabalong berbatasan dengan Kaltim tersebut," demikian Dewi Damayanti Said.
Sekretaris Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) HM Iqbal Yudianoor SE. (Syamsuddin Hasan)

Sementara itu, Sekretaris Komisi II DPRD Kalsel HM Iqbal Yudianoor SE menambahkan, sebagai Gerbang IKN sudah barang tentu provinsinya juga menjadi penyangga ketahanan pangan.

"Dalam kaitan hal itulah, kami dari Komisi II merasa perlu membicarakan Penyelenggaraan cadangan pangan tersebut dengan Pemkab Tabalong," ujar wakil rakyat dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

"Kita juga ingin memastikan bagaimana ketersediaan atau penyelenggaraan hetahanan/cadangan pangan di kabupaten yang berbatasan langsung dengan tempat IKN itu nantinya," demikian Iqbal Yudianoor.

Dalam kunjungan kerja Komisi II DPRD Kalsel yang diketuai Imam Suprastowo dari PDI Perjuangan ke "Bumi Saraba Kawa" Tabalong, 6 - 8 Juni 2021 itu menemui Dinas Ketahanan Pangan kabupaten setempat.

Selain dengan Kaltim, Bumi Saraba Kawa Tabalong juga berbatasan Kalimantan Tengah (Kalteng). Bahkan jalan ke empat kabupaten di pedalaman provinsi tersebut mengakses lewat Kalsel.

Empat kota atau kabupaten yang berada di hulu Sungai Barito - pedalaman Kalteng tersebut yaitu Tamiang Layang, ibukota Kabupaten Barito Timur (Bartim), Buntok - Barito Selatan (Barsel), Muara Teweh - Barito Utara (Barut) dan Puruk Cahu, ibukota Kabupaten Murung Raya (Mura).




 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021