Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1001-01/Juai membantu warga Desa Tigaron Kecamatan Juai Kabupaten Balangan membangun Jalan Usaha Tani (JUT).

Pjs Danramil 1001-01/ Juai, Peltu Sumardiyanto mengatakan Program pembangunan JUT bersama masyarakat desa tersebut merupakan satu giat Karya Bakti TNI dari Kodim 1001/Amuntai-Balangan. Tentunya, hal tersebut juga membantu percepatan pembangunan JUT. 

"Kegiatan Karya Bakti bersama warga masyarakat sebagai wujud kemanunggalan TNI dan rakyat dan juga sebagai pembinaan teritorial di wilayah tersebut, para Babinsa secara langsung turut tangan mengerjakan JUT yang nantinya akan menjadi askes warga ke kebun mereka," ucap Sumardiyanto di Paringin, Minggu.

Adapun peningkatan Jalan Usaha Tani tersebut panjangnya kurang lebih 160 meter dan lebar 1,3 meter yang tepatnya berada di RT.02 Desa Tigaron Kecamatan Juai. 
 

Anggota Babinsa Koramil 1001-01/Juai saat membantu warga Desa Tigaron Kecamatan Juai membangun Jalan Usaha Tani (JUT) (Antaranews Kalsel/Ragil Darmawan)


Selain itu, Sumardiyanto menyebutkan, melalui giat Karya Bakti TNI ini pihaknya berupaya ada untuk masyarakat dan secara langsung membantu mereka dalam hal pembangunan, khususnya peningkatan JUT di Desa Tigaron ini.

Untuk akses jalan yang yang kurang memadai, jelasnya, membuat proses produksi maupun distribusi hasil pertanian sering terhambat di perjalanan. Karena kondisi jalan dianggap kurang layak untuk mengangkat hasil panen. Lantas, peningkatan JUT pun menjadi upaya untuk membantu mempermudah jalan warga yang melintas. 

Terakhir, kata Sumardiyanto, melalui Karya Bakti peningkatan JUT ini tentunya masyarakat tidak lagi kesulitan dalam membawa hasil panennya, akses yang memadai membuat para warga yang ke ladang atau kebun pun menjadi lebih mudah dan nyaman.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021