Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Selatan H Muhammad Tambrin menyatakan bahwa pihaknya kini menyiapkan kegiatan nasional Kemah Pramuka Santri Nusantara IV di Bumi Perkemahan Agro Wisata Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut.

"Persiapan kegiatan akbar nasional yang rencananya dipusatkan di Bumi Perkemahan Agro Wisata Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, itu terus diupayakan untuk menampung peserta yang datang dari 33 provinsi," ujarnya di Banjarmain, Jumat.

Sejauh ini, kata dia, Pemprov Kalsel dan Pemkab Tanah Laut, sebagai tuan rumah, sudah menyatakan kesiapan membantu suksesnya penyelenggaraan kegiatan itu pada 1-7 Juni 2015.

"Terkait kemah dan sarana lainnya dalam kegiatan nasional ini, Pemprov dan Pemda setempat menjamin semua fasilitas pendukung yang diperlukan," ucapnya.

Kanwil Kementerian Agama Kalsel, ungkap Tambrin, sebagai panitia penyelenggara juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama pusat, dan Kanwil Kemenag provinsi se-Indonesia agar acara yang digelar setiap tiga tahun sekali ini sukses dan meriah.

"Kami berupaya membuat kegiatan Kemah Pramuka Santri di daerah ini lebih meriah dari penyelenggaraan sebelumnya di Riau pada tahun 2012," tegasnya.

Oleh karena itu, harap Tambrin, semua elemen masyarakat daerah ini mendukungnya, hingga dapat mengharumkan nama daerah sendiri di tingkat nasional.

"Peserta diperkirakan mencapai enam ribu santri," tuturnya.

Kegiatan ini, ujar dia, selain sebagai ajang silaturrahmi dan kreativitas para penuntut ilmu agama di pesantren-pesantren di seluruh Indonesia, juga bertujuan sebagai syiar agama Allah SWT.

Rencananya sebagaimana dilaksanakan kegiatan ini di Riau tiga tahun lalu, akan digelar pula adanya kegiatan pemecahan Rekor Muri.

"Kalau di Riau lalu pemecahan Rekor Muri mencatat Kirab Gurindam dua belas dengan tulisan terpanjang. Kalau di sini ada juga nanti, tapi yang beda, saat berlangsung kegiatan nanti baru bisa diketahui," ucapnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015