Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Satuan Polisi Militer Lanud Sjamsudin Noor secara mendadak menggelar razia terhadap setiap personelnya.

Kegiatan razia bersifat penegakkan tata tertib, disiplin, dan lalu lintas (Gaktiblin) atau yang sering kita kenal dengan Sweeping ini dipimpin langsung Kasubsi Hartib Satuan Polisi Militer Lettu Pom Gin gin Ginanjar digelar di jalan Hercules depan rumah sakit Lanud Sjamsudin Noor Banjarbaru, Kamis (2/3).

Menurut Komandan Satpomau Lanud Sjamsudin Noor Kapten Pom Viride Sukma Susila," Operasi penegakan disiplin dan tata tertib ini dilaksanakan dalam rangka HUT TNI AU ke 69."

Operasi ini dilaksanakan secara rutin dan terjadwal, namun waktu pelaksanaannya dilakukan secara rahasia dan mendadak dengan harapan dapat memberikan dampak psikologis bagi personel untuk selalu disiplin, patuh dan taat kepada aturan, tata tertib, serta Hukum yang berlaku.
 
Sasaran operasi Gaktiblin ini adalah pemeriksaan terhadap kelengkapan pribadi personil diantaranya adalah surat surat identitas diri yang terdiri dari KArtu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Anggota (KTA), Pasring, Surat Ijin Mengemudi (SIM) (TNI/Sipil), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), kelengkapan kendaraan bermotor, penggunan helm standart, serta kelengkapan lainnya.

Kegiatan operasi penegakan tata tertib dan disiplin ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT TNI AU ke 69 yang puncaknya akan diperingati pada tanggal 9 April 2015.
 
Bagi anggota yang melanggar akan diberikan surat tilang sesuai dengan jenis pelanggarannya dan akan dicatat serta dilaporkan kepada atasannya untuk diberikan sanksi baik berupa teguran lisan maupun tindakan disiplin.


Sebelum pelaksanaan Operasi Penegakkan Disiplin dan Tata Tertib (Sweeping) ini juga telah dilaksanakan operasi bulan disiplin yang dilaksanakan dari tanggal 3-28 Maret 2015 yang termasuk dalam rangkaian peringatan HUT TNI AU ke 69 tahun 2015.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015