Plh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, H Mukhyar menilai keberadaan komunitas yang ada di Kota Banjarmasin merupakan aset yang sangat berharga dalam upaya membangun secara bersama sama kemajuan kota Banjarmasin.

Pemerintah tak mungkin mampu membangun sendiri tanpa bantuan pihak lain, khususnya komunitas, makanya pemerintah kota harus  hadir dikala adanya kegiatan komunitas, kata H Mukhyar seraya disambut tepuk tangan hadirin saat memberikan sambutan peringatan Hari Lingkungan Hidup dsedunia ingkat Kota Banjarmasin, di Jl HKSN Banjarmasin, Sabtu.

"Komunitas adalah aset, Pemkot harus hadir di tengah komunitas, itu merupakan catatan penting yang ingin saya sampaikan kepada pemerintah kota kedepan," kata Mukhyar yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) setempat itu.


Kegiatan peringatan hari lingkungan hidup sendiri diprakarsai oleh Forum Komunitas Hijau (FKH) yang berkolaborasi dengan Perkumpulan Hijau Daun (PHD), Komunitas Teratai Banjarmasin, serta PD Ipal.

Peringatan hari lingkungan hidup ini merupakan momen penting untuk menyadarkan masyarakat luas, betapa pentingnya kelestarian lingkungan hidup yang merupakan bagian dari ekosistem kehidupan, tambahnya.

Sementara ketua Ketua Komunitas Teratai Banjarmasin Aulia Badar menyatakan bahwa organisasi ini akan terus bergerak mempercantik kota Banjarmasin sebagai kota air dengan tema teratai.

Alangkah eloknya jika Banjarmasin yang penuh dengan sungai ini dihiasi dengan warna-warni bunga teratai yang indah, tambah Aulia Badar.

Sedangkan Ketua Perkumpulan Hijau Daun Banjarmasin Hasan Zainuddin mengaku organisasinya akan berkolaborasi dengan PD PAL untuk menciptakan sanitasi yang baik di Kota Banjarmasin.

Sanitasi yang baik cermin baiknya pengelolaan sebuah kota, sebaliknya jika sanitasi jelek itu juga cerminan jeleknya tata kelola sebuah kota.

Oleh karena itu, PHD bertekad menjadikan sungai dengan sanitasinya menjadi baik bagaikan yang ada di kota kota besar terkenal dunia, karena sanitasi baik juga mencerminkan tingkat kesehatan masyarakatnya.


Turut hadir Direktur PD Pal Banjarmasin Rahmatullah, beberapa pejabat Dinas Lingkungan Hidup lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan aksi lingkungan membersihkan sungai dan tanam pohon serta penanaman teratai di sungai kawasan tersebut.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021