Kwartir cabang Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mempercayakan kepemimpinan Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Mukhyar.

Pelantikan Ketua Saka Kalpataru Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin Mukhyar yamg juga mrnjabat Plh Sekdakot Banjarmasin tersebut dilakukan langsung Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin Irwan Ansyari di Balaikota Banjarmasin, Jumat.

Menurut Irwan Ansyari, Saka Kalpataru dibentuk untuk melengkapi kegiatan kepramukaan dibidang lingkungan hidup.

Dengan demikian, katanya, kegiatan pramuka yang bertujuan sinergis membangun Kota Banjarmasin semakin komplit karena bergerak sesuai bidang.

"Bila bidang kesehatan dinamai Saka Bakti Husada, kemudian bila kemiliteran Saka Wira Kartika, nah kalo bidang lingkungan ini namanya Saka Kalpataru," terangnya.

Pihaknya yakin, dengan dipegang figur yang cocok dengan aktivitasnya di pemerintahan mengurusi lingkungan hidup, maka gerak pramuka di bidang lingkungan akan lebih eksis.

Diberi percaya memegang pimpinan Saka Kalpataru, Mukhyar menyatakan sangat apresiasi dan akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Apalagi, dibentuknya Saka Kalpataru ini bisa membantu pemerintah dibidang lingkungan. Sehingga akan ada terus kemajuan memperbaiki dan menjaga kelestarian lingkungan di ibu kota provinsi ini.

Menurut dia, kegiatan ditekankan pada isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati.

"Tujuan akhir Saka Kalpataru adalah membentuk generasi muda yang ramah pada lingkungan hidup," tuturnya.

Karenanya dia berharap, gerakan pramuka bidang lingkungan ini dapat menjadi motivasi bagi generasi. Sehingga kelestarian lingkungan hidup terjaga dengan baik.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021