Semarak perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala), Kalimantan Selatan diisi dengan menggelar aksi bersih-bersih aliran Sungai Kandangan di Jalan Sawahan-Beramban Raya,  Kelurahan Pelaihari Kecamatan Pelaihari, Kamis (3/6).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Laut (DPRKPLH Tala) dan Masyarakat Sadar Lingkungan (My Darling) Kabupaten Tanah Laut itu turut diikuti Bupati Tanah Laut HM Sukamta, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut H Dahnial Kifli dan Lurah Pelaihari serta masyarakat sekitar jembatan.

Bupati Tala HM Sukamta usai kegiatan mengajak seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai, khususnya kepada masyarakat yang bermukim di pinggiran sungai.

Dia juga menyampaikan, ada peraturan daerah (perda) yang mengatur tentang sanksi pembuangan sampah sembarangan, tetapi saat ini masih dalam tahap mengedukasi masyarakat.

“Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Laut tolong jangan membuang sampah di sungai, silakan buang di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang sudah kita sediakan, sehingga sungai kita tetap bersih dan bebas sampah. Kita sudah punya perda terkait sampah, tapi kita masih menginginkan ada edukasi bukan langsung yustisi. Mari jaga sungai kita, jadi apabila terjadi banjir, sungai kita tetap lancar dan air tidak sampai menggenangi rumah warga,”kata Sukamta.

Ketua My Darling Kabupaten Tanah Laut M Khaidir menyampaikan,  dipilihnya jembatan di Jalan Sawahan-Beramban Raya karena terdapat tumpukan sampah,  baik sampah ranting pohon maupun sampah plastik. 

Dia berharap, masyarakat lebih meningkatkan kepedulian terhadap sungai.

“Karena di jembatan ini adalah titik terakhir artinya tumpukan sampah di sini. Jadi di sini dulu kita gerakkan, misalkan di sini sudah lancar otomatis di sungai-sungai lain juga lancar. Ini jangan hanya menjadi ajang seremonial, masyarakat harus terus tidak membuang sampah di sungai, buanglah pada tempatnya,”ungkap M Khaidir.

Kegiatan itu ditutup dengan penyerahan bibit pohon mete dan pohon sirsak oleh Bupati Tanah Laut HM Sukamta,  masing-masing kepada Ketua My Darling Kabupaten Tanah Laut dan Ketua RT 25 Kelurahan Pelaihari.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021