Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarbaru menyosialisasikan Peningkatan Kesadaran Bela Negara (PKBN) dengan sasaran anggota dan pengurus organisasi kemasyarakatan di kota setempat. 

Sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Gawi Sabarataan, Kamis dibuka Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin diwakili Asisten I Fahrudin diikuti 50 peserta dari unsur ormas dan pendamping dari kelurahan.

Kegiatan yang diselenggarakan dua hari yakni Kamis dan Jumat itu, juga dihadiri Kepala Bakesbangpol Abdul Malik dan Kabid Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Kewaspadaan Nasional Abu Yajid Bustami.

"Sosialisasi ini bertujuan mewujudkan masyarakat Banjarbaru yang maju, agamis dan sejahtera dengan cara meningkatkan kualitas kehidupan yang sejahtera dan berakhlak mulia," ujar wali kota disampaikan Fahrudin. 

Kepala Bakesbangpol Abdul Malik mengatakan, sosialisasi PKBN adalah bagian dari Program Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan yang merupakan kegiatan rutin dan bersifat pembinaan. 

"Kegiatan rutin ini merupakan salah satu upaya pencegahan diri sekaligus antisipasi terhadap segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu stabilitas keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat," ucapnya. 

Diharapkan, melalui kegiatan juga menumbuhkan rasa nasionalisme dan mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dalam suatu wadah NKRI guna meningkatkan kesadaran bela negara.

Sementara itu, tema sosialisasi PKBN yakni "Pemberdayaan ormas dalam bela negara mewujudkan sumber daya manusia tangguh, unggul, berakhlak mulia untuk Banjarbaru Maju, Agamis dan Sejahtera (Juara)".

Narasumber sosialisasi dari Rindam IV/Mulawarman materi pemberdayaan ormas dalam bela negara dan Kepala Bakesbangpol Abdul Malik atas materi tugas, fungsi dan peran Bakesbangpol menyukseskan pilkada serentak 2020.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021