Tanjung, (Antaranews Kalsel) - PT Adaro Indonesia memberikan bantuan pompa intake melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) ke PDAM Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, guna memperluas akses pelayanan air bersih bagi masyarakat.


Menurut Kepala Seksi Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Lingkungan Program CSR PT Adaro Indonesia Sri Armiyati Jarkasi di Tanjung, Rabu bantuan pompa intake salah satu bentuk kerjasama program kerjasama PT Adaro dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PU dan Pemkab Tabalong.

"Bantuan pompa intake merupakan program kerjasama Adaro dengan Kementerian PU dan Pemkab Tabalong dalam rangka membantu upaya pemerintah memperluas akses warga terhadap air bersih," jelas Sri.

Sebagai salah satu sarana penunjang operasional Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tabalong, pompa intake ini bisa dimanfaatkan dalam peningkatan pelayanan air bersih di Bumi Saraba Kawa ini.

Sri pun menyadari saat ini PDAM Tabalong belum bisa memberikan pelayanan air bersih secara optimal menyusul banyaknya warga yang belum bisa mengakses air bersih.

Direktur PDAM Tanjung, Hamida Munawarah mengatakan. pompa intake dari PT Adaro Indonesia dengan kapasitas 100 liter per detik dan pompa distribusi 100 liter per detik sangat membantu pendistribusian air bersih ke pelanggan.

Kini waktu pengisian reservoir lebih cepat satu jam dari biasanya dan dengan adanya bantuan pompa intake dari Adaro diharapkan bisa meningkatkan pelayanan PDAM kepada masyarakat," jelas Hamida.

Pompa intake sendiri melengkapi sarana pendukung di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Belimbing, Kecamatan Murung Pudak dalam membantu PDAM Tabalong memaksimalkan distribusi jangkauan air bersih untuk masyarakat Tabalong.

Berdasarkan data PDAM Tabalong saat ini terdapat 15.081 pelanggan dan terbanyak berada di wilayah Murung Pudak, yakni sebanyak 6,789 pelanggan.

Sedangkan daftar tunggu untuk bisa mendapatkan pelayana air bersih PDAM di wilayah kecamatan Murung Pudak mencapai 1.000 rumah.

Dengan pompa intake Adaro ini, lanjut Hamida, selisih waktu pengisian reservoir lebih cepat satu jam. Air yang akan didistribusikan ke pelanggan, menjadi lebih deras, dan waktu operasional menjadi lebih lama, atau dengan kata lain pelayanan PDAM menjadi lebih prima.

  Saat ini, untuk menambah daya jangkau air bersih, PDAM Tabalong sedang dalam proses instalasi pompa distribusi dan mengoptimalkan pipa penyalur untuk menjangkau pelanggan yang belum mendapatkan pelayanan.   

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015