Direktur Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof H Ahmad Suriansyah, MPd, PhD mengatakan lulusan Pascasarjana harus mampu menunjukkan performance unggul sebagai seorang bergelar Magister terlebih lagi Doktor.

"Karena penilaian akhir saat kita bekerja di tengah masyarakat. Jadi alumni ULM wajib menunjukkan kualitasnya sebagaimana visi Pascasarjana ULM yang unggul," kata dia saat memimpin wisuda ke-101 tahun 2021 di aula gedung Pascasarjana ULM di Banjarmasin, Rabu.

Menurut Prof Sur, begitu biasa pria ini disapa, seorang bergelar S2 atau S3 harus peka dalam setiap dinamika di masyarakat termasuk menyelesaikan tantangan tugas.

"Pola pikir dan cara pandang tentunya berbeda. Setiap permasalahan yang dihadapi dapat diatasi dengan pikiran jernih dan matang. Wawasan luas dan bekal ilmu pengetahuan membuat sikap kita lebih terbuka dan mampu bekerja dalam tim maupun individu," paparnya.
 
Direktur Pascasarjana ULM Prof H Ahmad Suriansyah, MPd, PhD memimpin wisuda ke-101 tahun 2021 di aula gedung Pascasarjana ULM di Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Pada wisuda kali ini terbilang spesial bagi Pascasarjana ULM karena berhasil meluluskan dua Doktor sekaligus atas nama Dr. Ir. Pahmi Ansyari, MS dan Dr. Akhmad Hairin pada Program Doktor (S3) Ilmu Pertanian, selain 39 magister.

Prof Sur mengaku bersyukur atas pencapaian tersebut dan semakin optimis Program Doktor di ULM terus berkembang kedepannya dengan sejumlah bidang studi lainnya.

"ULM baru saja mendapatkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk membuka Program Doktor Studi Pembangunan yang mulai tahun ajaran 2021-2022 dibuka penerimaan mahasiswa baru. Sekarang telah ada dua Program S3 di ULM yang menjadi pilihan. Insya Allah berikutnya ada beberapa lagi Program S3 terbit izinnya yang sekarang masih berproses di kementerian," kata pakar pendidikan itu.

ULM melepas 1.113 lulusan di wisuda ke-101 tahun 2021 yang digelar di kampus Banjarmasin pada hari ini mulai Program Diploma, Sarjana, Magister maupun Doktor. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat melalui pembagian tempat wisuda dan durasi waktu singkat hanya satu jam setiap sesinya yang dipimpin Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi dan Ketua Senat ULM Prof Gusti Muhammad Hatta.  

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021