Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan ekspose penyederhanaan birokrasi pemerintah daerah dari Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab HSS, di Aula Rakat Mufakat, lantai 2 Kantor bupati setempat.

Bupati HSS, H.Achmad Fikry, di Kandangan, Rabu(2/6), mengatakan, ekspose penyederhanaan birokrasi pemerintah ini, sesuai amanah dari Pemerintah Pusat yang disampaikan dalam pidato Presiden pada Sidang Paripurna MPR RI tanggal 20 Oktober 2019.

"Di mana pada tahun ini mulai kita laksanakan dan perlu bahasa yang paling arif dalam penyampaian dengan para pejabat pengawas kita. Tentu nanti akan ada diskusi yang lebih khusus lagi, apabila sudah ada skoring yang ditentukan oleh Bagian Organisasi dengan model-model yang kita sepakati akan didiskusikan,” katanya.

Baca juga: Bupati HSS ajak implementasikan Pancasila dalam kehidupan

Dijelaskan dia,  tidak ada yang dirugikan untuk kepegawaiannya, ini harus digambarkan secara jelas nanti jabatan fungsionalnya, angka kreditnya dari mana, naik pangkatnya dan lain-lain. Termasuk nanti dibikin aturan juga bagi mereka yang niat ingin menjadi pejabat fungsional, bahwa ada proses dan tahapan yang harus diikuti.

Ini masih belum final, masih menunggu runtutan aturan peran yang lebih kongkrit nanti ke depannya, tapi yang pasti pihaknya akan bekerja maksimal untuk melaksanakan penyederhanaan ini, formatnya bagaimana tentu akan tergantung pada aturan yang berlaku.

Dalam mensimulasikannya, apapun peraturan yang diberlakukan Pemkab HSS akan siap dalam menjalankannya. Jadi, semua OPD di Pemkab HSS harus benar-benar siap untuk penyerdahanaan birokrasi pemerintah daerah, dengan berbagai pertimbangan konsekuensinya dan sekali lagi diperlukan kearifan  untuk menjelaskannya.

Baca juga: Wabup HSS buka asistensi IGA kembangkan inovasi daerah

"Hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), tengah berupaya menuntaskan penyederhanaan birokrasi (reformasi birokrasi)," katanya.

Turut berhadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad,  serta dihadiri jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para kepala bagian di lingkungan Pemkab HSS. 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021