Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H.Achmad Fikry mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara virtual, bertempat Pendopo Bupati HSS.

Ia mengatakan, mengajak semua elemen masyarakat di Kabupaten HSS untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Yang penting sekarang adalah menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Insya Allah kalau kita bisa menerapkan kita akan menjadi negara yang kuat yang maju tidak ada benturan satu sama yang lain,” katanya, Selasa (1/6).

Baca juga: Wabup HSS buka asistensi IGA kembangkan inovasi daerah

Presiden RI, Joko Widodo, mengatakan Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalamnya, utamanya dalam penerapan di kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dijelaskan dia, walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan sepanjang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) RI berdiri, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan.

Pancasila menghadapi perkembangan global yang tidak serta-merta selalu sama dalam pandangan maupun kebersamaan,  perkembangan global pun tak jarang menimbulkan kompetisi dan rivalitas antarpandangan, antarnilai dan antarideologi.

Baca juga: Seluruh fraksi DPRD HSS sepakati penetapan dua raperda

"Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi," katanya, saat memberikan sambutan, dalam peringatan yang mengangkat tema "Pancasila dalam tindakan, bersatu untuk Indonesia tangguh".

Turut menghadiri, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekda HSS H. Muhammad Noor, para asisten, Ketua DPRD HSS H. Akhmad Fahmie, unsur Forkopimda Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021