Tanjung, (Antaranews Kalsel) - PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi Aset V Lapangan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menyerahkan bantuan 1.000 bibit tanaman buah dan pelindung kepada SMA Negeri 1 Tanta.

Humas PT Pertamina EP Aset V Lapangan Tanjung Nanang Elektra di Tanjung, Jumat, mengatakan bantuan tersebut dalam rangka mendukung hari hutan dan air sedunia 2015 sekaligus membantu pengembangan hutan sekolah di Tabalong.

"Bantuan bibit buah- buahan dan tanaman pendukung lainnya diharapkam bisa membantu pihak sekolah dalam mengembangkan hutan sekolah serta mendukung program peningkatan keanekaragaman hayati," jelas Nanang.

Jenis bibit yang diserahkan diantaranya mangga, jambu merah, jambu jamaica, petai, rambutan, sawo kecek, sukun, mahoni, glodokan, apokat dan trembesi.

Penyerahan bantuan bibit tersebut diterima secara langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tanta, Masdulhak termasuk perwakilan sekolah adiwiyata di Tabalong.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tanta, Masdulhak mengatakan keberadaan hutan sekolah seluas 1.500 meter persegi cukup penting bagi mendukung program adiwiyata dari pemerintah.

"Saat ini ada sekitar 1.200 meter persegi lahan yang belum dimanfaatkan akan digunakan bagi perluasan hutan sekolah karena itu bantuan bibit dari Pertamina bisa kita tanam di lahan tersebut," jelas Masdulhak.

Keberadaan hutan sekolah sendiri selain bisa dimanfaatkan seluruh warga SMA Negeri 1 Tanta ungkap Masdulhak diharapkan bisa membantu masyarakat sekitar dalam pelestarian lingkungan.

Selain itu menurut salah satu panitia penyelenggara peringatan hari hutan dan air sedunia, Ria Yuniarti, perluasan hutan sekolah diharapkan bisa menjadi ruang terbuka hijau (RTH) dan bisa dimanfaatkan dalam kegiatan belajar yang kondusif, nyaman dan refresentatif.

"Melalui peringatan hari Hutan dan Air sedunia menjadi ajang menumbuhkan kesadaran kolektif tentang pentingnya pengelolaan lingkungan," jelas Ria.

Peringatan hari hutan dan air sedunia di SMA Negeri 1 Tanta juga dihadiri Camat Tanta, Muhammad Rusli, Kepala BLHD Tabalong, Johan Noor Effendi serta sejumlah instansi dan perwakilan sekolah adiwiyata.

Bersama para siswa, jajarana pejabat di lingkungan Pemkab Tabalong, camat, danramil dan karyawan pertamina melakukan penanaman pohon di areal hutan sekolah.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015