Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) 
Prof Dr Sutarto Hadi menyampaikan persoalan 
tidak adanya penerimaan dosen baru kepada Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat kehadiran RI 7 itu dalam Focus Group Discussion (FGD) di Fakultas Hukum ULM di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin.

"Mungkin bisa disampaikan ke para eksekutif, persoalan serius yang dihadapi selama beberapa tahun terakhir adalah tidak adanya penerimaan dosen baru," kata dia.

Diungkapkan Sutarto, selama ini banyak dosen, guru besar atau profesor yang pensiun. Sehingga dia menduga terjadi penurunan kualitas pendidikan.

Hal ini diperparah dengan peraturan pemerintah yang melarang perguruan tinggi mengangkat dosen kontrak. Padahal, rasio perbandingan antara dosen dan mahasiswa semangat tinggi.

"Kalau mendidik dosen-dosen muda, perlu waktu panjang, mungkin 10 sampai 20 tahun untuk mereka bisa sampai menjadi doktor," beber Sutarto.
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam Focus Group Discussion (FGD) di Fakultas Hukum ULM. (ANTARA/Firman)


Di ULM sendiri, tambah dia, saat ini memiliki kurang lebih 1.200 dosen dan 800 orang tenaga kependidikan administratif yang melayani sekitar 30 ribu mahasiswa yang menempuh pendidikan di ULM.

Sutarto berharap, ketimpangan rasio jumlah dosen dan mahasiswa dapat diminimalisir dengan dibukanya keran penerimaan dosen baru oleh pemerintah. Jika pun hal itu tak bisa dilakukan, maka pengangkatan dosen kontrak dapat jadi solusi.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021