Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Nor Hidayat mengatakan, untuk perluasan lahan tanaman jagung di Kabupaten Tanah Laut pihaknya menggandeng PT Inhutani III dan Hutan Rindang Banua (HRB).


"Untuk menambah luas tanam jagung yang telah ditargetkan Kementerian Pertanian RI dari 14 ribu hektar menjadi 24 ribu hektar, maka kita bekerjasama dengan PT Inhutani III dan HRB di Kecamatan Jorong  dan Kecamatan Panyipatan," ujar Nor Hidayat, selepas panen jagung dan tanam di Desa Tajau Pecah, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut, Senin (16/3).

Selain mencari lahan baru milik PT Inhutani III dan HRB, sebut dia, pihaknya juga menggandeng petani agar mampu panen dua kali dalam setahun.

"Kita juga berupaya memanfaatkan lahan sawah dimusim kemarau untuk ditanami jagung," ungkapnya.

Ia berharap, upaya yang pihaknya lakukan bersama petani dapat menghasilkan sesuai target yang diinginkan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Terpisah, Bupati Tanah Laut, H Bambang Alamsyah menegaskan, untuk mendukung peningkatan produksi jagung di Kabupaten Tanah Laut perlu bantuan alat mesin pertanian.

"Khusus untuk alat mesin pertanian yang kita perlukan adalah, traktor roda empat. Sementara ini yang tersedia hanya hand trantor roda dua saja," tegasnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, untuk mendukung teralisasinya luas tanam 24 ribu hektar, pemerintah kabupaten telah menyiapkan lahan milik PT Inhutani III dan HRB untuk ditanami 12 ribu hektar jagung.

"Mudah-mudahan apa yang sudah dipersiapkan dapat berjalan sesuai dengan rencana," tandasnya.



Pewarta: arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015