Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan pengecekan terhadap kesiapan pos pemeriksaan atau check point bagi pengguna jalan, terkait dengan pelaksanaan kebijakan larangan mudik  lebaran tahun 2021.

Ia mengatakan, telah melaksanakan kunjungannya ke pos check point di Kecamatan Loksado dilanjutkan ke Kecamatan Sungai Raya dan di Kecamatan Angkinang, secara fisik sudah siap untuk melayani pemudik.

“SOPnya sudah jelas kita akan liat keterangan-keterangan yang dibutuhkan surat jalan, surat tugas dan yang penting mereka harus kita lakukan swab antigen, Alhamdulillah dari informasi tadi di Sungai Raya pemudik yang sudah di swab rata- rata hasilnya negatif,” katanya, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bupati HSS minta aparat desa aktif mendata warga datang dari luar daerah

Dijelaskan dia, kepada masyarakat tidak ada pemerintah mempersulit, pada tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021 itu dilarang, tapi kalau dia ingin memaksakan mudik ada persyaratan yang harus dipenuhi.

Begitupun, untuk sanksi bagi mereka yang tidak memenuhi syarat melakukan perjalanan juga jelas, apabila tidak memenuhi persyaratan perjalanan maka akan diminta putar balik dan lainnya sesuai ketentuan yang ada.

Pihaknya memastikan secara fisik sudah siap melayani masyarakat, dan ia juga mengucapkan terimakasih kepada tim yang tergabung dalam pos check point Loksado, Sungai Raya dan Angkinang sudah memberikan pelayanan terbaik.

Baca juga: Pemkab HSS siapkan tempat karantina pengguna jalan reaktif rapid antigen

 "Kita pastikan saja, kalau tidak ingin repot tidak usah mudik, sementara untuk jalan anternatif juga sudah ada posko di kecamatan dan desa," katanya.

Menurut dia, camat dan kepala desa ada makanya berskala mikro itu titiknya di Desa jadi RT, ini akan diketahui mereka yang baru datang, apabila belum diswab akan dilakukan swab, di sini petugas puskesmas yang akan menswab mereka.

Turut hadir dalam pengecekan, Wabup HSS Syamsuri Arsyad, Kapolres HSS AKBP Siswoyo, Dandim Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Kepala Dishub Tafrinsyah, Kepala Satpol PP HSS H. Iwan Friady, Camat Loksado Fathul Mushalli, Camat Sungai Raya Mawardi,  dan Plt. Camat Angkinang Sabilarrasad.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021