Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan Apel Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2021, di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Senin (3/5), mengucapkan Selamat Hardiknas tahun 2021 kepada semua insan pendidikan di manapun berada, khususnya yang ada di HSS.

“Kami ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi yang diberikan, untuk mencerdaskan anak bangsa HSS. Kita semua adalah hasil produk-produk pendidikan,” katanya, saat menyampaikan sambutan sebagai pembina apel.

Dijelaskan dia, peringatan Hardiknas yang masih dalam pandemi COVID-19 ini, maka kembali lagi ia berpesan kepada semua peserta apel agar menjadi pejuang-pejuang untuk menegakkan protokol kesehatan.

Baca juga: 772 anak dari 274 sekolah di HSS terima bantuan dari GNOTA

Para guru kerap dijadikan tauladan dan ditiru di tengah-tengah masyarakat, karenanya diharapkan agar menjadi contoh kepada masyarakat untuk memenuhi protokol kesehatan.

Lebih lanjut, terkait pembelajaran tatap muka yang direncanakan dan dijadwalkan bulan Juli 2021 mendatang, ia menegaskan agar semua tenaga pendidik yang akan berinteraksi dengan siswa wajib telah divaksin.

"Mudah-mudahan dengan cara ini, pembelajaran tatap muka yang akan datang nanti bisa berjalan dengan aman dan terhindar dari timbulnya kluster baru di lingkungan sekolah kita,” katanya.

Sedangkan, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, dalam sambutan tertulisnya yang dibacaka Bupati HSS, menyampaikan empat upaya yang tengah dilakukannya untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.

Empat upaya tersebut meliputi perbaikan pada infrastruktur dan teknologi, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya.

Terakhir, perbaikan kurikulum, pedagogi dan assesmen. menurut dia, kesemua hal tersebut perlu dipahami bersama, terutama mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan.

Ia juga menjelaskan jika seluruh upaya tersebut dirangkum dalam program Merdeka Belajar yang kini sudah mencapai episode kesepuluh, dan terobosan-terobosan lain yang masih terus berjalan.

"Transformasi yang bermakna ini kami kerjakan agar segala sesuatu yang selama ini membuat bangsa ini hanya berjalan di tempat, dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan," katanya.

Baca juga: Pembinaan OPD, Bupati HSS disambut wanita jajaran Disdik berbusana Kebaya

Ia meminta semua insan pendidikan untuk tidak boleh pesimistis, walau krisis pandemi menghantam juga dunia pendidikan, sebab akan ada hal bermakna yang didapat dari sebuah krisis.

Krisis adalah kesempatan menuai kemajuan, saat ini ada sebagian yang sudah menerapkan pembelajaran tatap muka secara terbatas, ada juga yang tengah bersiap.

"Saya sangat bersemangat melihat masyarakat sadar bahwa kita harus terus bergerak maju dan melakukan berbagai lompatan kemajuan tanpa keraguan, tentunya dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan," katanya.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad beserta unsur Forkopimda HSS, Sekda HSS H. Muhammad Noor, para Kepala OPD dan Pejabat Administrator di lingkup Pemkab HSS, para asisten dan para staf ahli.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021