Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan di Banjarmasin mengatakan dari hasil pemantauan disejumlah pasar di Banjarmasin terlihat harga-harga bahan pokok menjelang lebaran masih stabil.

"Kami sudah melakukan pemantauan dan langsung turun ke lapangan untuk mengecek harga bahan pokok jelang lebaran dan alhamdulillah masih dalam kisaran normal saja," ucapnya, Senin.

Dikatakannya, pemantuan harga bahan pokok disejumlah pasar di kota ini dilakukan pada Senin pagi bersama Forkopimda Banjarmasin.

Stabilnya harga bahan pokok jelang lebaran itu dikarenakan ada beberapa yang mengalami panen seperti buah, cabe dan bawang sehingga harga jual tidak melonjak naik.

"Harga bahan pokok sejauh ini masih dalam kisaran normal. Jika ada kenaikan, harganya pun tidak melonjak dan masih dalam jangkauan daya beli masyarakat," ucapnya.

Kombes Pol Rachmat yang didampingi Wakapolresta dan PJU Polresta Banjarmasin juga memberikan imbauan kepada pedagang dan pengunjung pasar agar terus menerapkan disiplin untuk menjaga protokol kesehatan.
Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan bersama Forkopimda setempat melakukan pemantauan harga bahan pokok jelang lebaran di Pasar Sentra Antasari. (ANTARA/Gunawan Wibisono)
Saat ini Kota Banjarmasin masih dalam kondisi pandemi COVID-19, jadi masyarakat terutama pengunjung pasar tetap harus waspada memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, jaga jarak, hindari kerumunan.

"Selain melaksanakan operasi pasar, kami juga mengimbau pengunjung agar disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan pengeras suara,” tegasnya.

Harga bahan pokok di Pasar Sentra Antasari yang cenderung stabil seperti berikut : Bawang merah Rp18.000 perkg, bawang putih Rp20.000 perkg, cabe tiung Rp85.000 perkg, cabe merah besar Rp55.000 perkg, cabe rawit Rp85.000 hingga Rp100.000 perkg.

Kemudian, beras siam mutiara Rp12.000 perliter, gula pasir Rp12.000 perkg, minyak goreng Rp13.000 perliter, beras bulog Rp12.000 perliter.

Selanjutnya, gula pasir bulog Rp12.500 perkg, daging sapi beku Rp90.000 perkg, daging kerbau beku Rp75.000 perkg, telor ayam ras Rp29.000 perkg dan Ayam Rp33.000 perekor.

Sementara itu Plt Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkot Banjarmasin Dolly Syahbana yang ikut dalam pemantauan harga pasar mengatakan pihaknya telah meminta ke Dinas Perdagangan agar selalu mengontrol harga bahan pokok jelang lebaran tahun ini.

Pihaknya sudah bekerja sama dengan Bulog jika sewaktu-waktu harga beberapa kebutuhan pokok melonjak pihaknya dapat segera melakukan operasi pasar.

"Harga bahan pokok masih normal, cuman harga ayam saja yang mengalami kenaikan tapi tidak signifikan dan masih dalam jangkaun," ujarnya kepada awak media.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021