Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanah Laut, Kalimantan Selatan, kembali memberikan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan pada rangkaian kegiatan Manunggal Tuntung Pandang, di Desa Asri Mulya, Jum'at (30/4). 

Pelayanan yang diberikan itu seperti,  pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP), kartu keluarga, akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA).

Julianti, salah satu pelajar kelas 3 SMA saat ditemui setelah melakukan perekaman pembuatan KTP mengungkapkan,  pelayanan diberikan Disdukcapil sangat memudahkannya dan teman sebaya lainnya dalam mengurus dokumen kependudukan.

"Alhamdulillah kami jadi tidak perlu jauh-jauh mengurus KTP ke kecamatan. Walau tidak langsung jadi dan harus diproses dulu tetap saja kami sangat merasa terbantu, lagi pula kalau sudah punya KTP nantinya gampang mau daftar kuliah atau bekerja," ungkap Julianti.

Tetpisah,  Kepala Disdukcapil Tala Hj Norhayati mengatakan, pada kegiatan Manunggal Tuntung Pandang di Desa Asri Mulya Disdukcapil Tala melayani perekaman untuk KTP Elektronik serta pengumpulan berkas pembuatan dokumen kependudukan lainnya. 

Hal itu dilakukan, tutur dia, untuk menghindari kerumunan di masa pandemi COVID-19.

Dokumen yang telah selesai, jelas dia, akan langsung dibagikan kepada warga melalui Kepala Desa Asri Mulya.

"Hari ini memang tidak terbatas jumlah warga yang akan dilayani. Artinya, kami memberikan pelayanan kepada warga Desa Asri Mulya sampai selesai, alhamdulillah pengajuan berkas rata-rata hampir seimbang antara yang membuat KTP, akta kelahiran maupun kartu keluarga,"terang Norhayati.

Pelayanan Disdukcapil Tala tersebut, harap Hj Norhayati, agar tidak ada lagi warga yang tidak memiliki dokumen kependudukan. 

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021