Kuala Pembuang, Kalteng, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mendorong wisatawan dalam maupun luar negeri untuk mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting melewati Seruyan.


"Karena banyak yang tidak mengetahui kalau 48 persen Tanaman Nasional Tanjung Puting (TNTP) itu masuk dalam wilayah Seruyan, dan 52 persen masuk wilayah Kotawaringin Barat (Kobar)," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Rabu.

Ia mengakui, selama ini kalah cepat dibandingkan Kobar dalam memaksimalkan potensi TNTP untuk kepentingan wisata, akhirnya branding image yang terbagun TNTP selalu diidentikkan dengan Kobar.

"Kunjungan wisata baik dalam maupun luar negeri ke TNTP mencapai 15 ribu per tahun, dan ini dinikmati oleh Kobar, kita tidak dapat apa-apa, padahal sebagian besarnya masuk wilayah Seruyan," katanya.

Orang nomor satu di `Bumi Gawi Hatantiring¿ ini mengungkapkan, TNTP wilayah Seruyan memiliki jalur destinasi yang berbeda dengan TNTP yang ada di Kobar, yakni melalui jalur darat.

"Melalui Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau, Camp Seluang Mas TNTP dapat ditempuh lewat jalur darat dalam waktu 45 menit saja, ini tentu lebih praktis daripada harus menempuh jalur sungai seperti ke Camp Leakey di TNTP Kobar," katanya.

Di Camp Selaung Mas, wisatawan sudah dapat menyaksikan Orangutan dari dekat, sama seperti di Camp Leakey TNPT Kobar.

"Pada waktu pagi hari dan sore hari, wisatawan dapat menyaksikan Orangutan diberi makan dari dekat, dan Orangutan itu sama persis seperti yang ada di Kobar," katanya.

Selain keunggulan melalui jalur darat, Seruyan juga menawarkan pilihan melalui jalur sungai seperti di TNTP Kobar, yakni melalui tiga sungai di Kecamatan Seruyan Hilir.

"Bagi wisatawan yang suka berlama-lama dan menikmati pemandangan alam dapat menempuh perjalanan ke Camp Selaung Mas melalui Sungai Perlu, Sungai Sigintung Dalam, dan Sungai Baung Kecamatan Seruyan Hilir," katanya.

Dengan segala keunggulan yang dimiliki, Seruyan tinggal menyiapkan fasilitas penunjang yang berada di sekitar TNTP, baik itu berupa rumah makan maupun penginapan.

"Kita sudah meminta untuk Dinas Pariwisata memikirkan hal itu, yang pasti kita akan mendorong wisatawan untuk datang ke TNTP melalui Seruyan," katanya./e

Pewarta: Fahrian Adriannoor

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015